5 Marketplace Terbaik dengan Penjualan Tertinggi di 2021. Pilih Jualan di Mana Ya?

Berkembangnya Industri 4,0 di era digital ini mendongkrak para pengusaha untuk membangun start-up mereka masing-masing. E-commerce berkembang semakin pesat di wilayah Asia Pasifik. Ini membuktikan bahwa sebagian besar konsumen jual beli online berasal dari Asia. Indonesia mungkin termasuk menjadi bagian konsumennya.

Diperkirakan pertumbuhan dominasi E-commerce akan meningkat di Indonesia pada 2021. Daripada penasaran, kita lihat lima marketplace terbaik dengan penjualan tertinggi di 2021.

  1. Shopee

Meskipun Forest Li mendirikan Shopee di Indonesia sejak tahun 2015, marketplace ini berasal dari Singapura. Menurut data yang sudah disurvei pada tahun 2020, Shopee masih bertahan di posisi juara selama trisemester ini. 

Jumlah pengunjung marketplace ini mencapai  rata-rata 96 juta setiap bulannya. Tak heran jika E-commerce Singapura ini bertahan menjadi yang pertama. Bahkan, sejak awal tahun 2020, jumlah pengunjung mengalami peningkatan 4%.

  1. Tokopedia

Diperingkat kedua  diduduki oleh Tokopedia. Marketplace yang didirikan oleh Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya ini memiliki jumlah pengunjung yang meningkat selama tahun 2020.

Dari data yang disurvei pada tahun 2019 sampai 2020, jumlah pengunjung Tokopedia mencapai rata-rata 86 juta per bulannya. Bahkan sejak permulaan tahun 2020, jumlah visitors mengalami peningkatan sebesar 25%. Namun, sayang pada kuartal IV tahun 2019, Shopee menyalip kedudukan Tokopedia yang sebelumnya pada urutan pertama.

  1. Bukalapak

Bukalapak menduduki urutan ketiga di antara lima marketplace terbaik dengan penjualan tertinggi di 2021.  Dari akumulasi jumlah kunjungan selama tahun 2020, Bukalapak mendapatkan pengunjung sebanyak 35 juta per bulannya. Marketplace yang didirikan Ahmad Zaky ini sempat menyandang gelar unicorn karena valuasinya yang mencapai di atas 1 milyar. Namun sayang, peringkat Bukalapak harus turun di tahun ini. Walaupun turun, jumlah karyawan Bukalapak mencapai 2.400-an.  

  1. Lazada

Dari tahun kemarin, Lazada masih bertahan di posisi keempat. Jumlah rata-rata pengunjung dapat mencapai 22 juta per bulannya pada kuartal II 2020. Marketplace anak dari perusahaan Jerman ini sudah beroperasi di enam negara, di antaranya Filipina, Vietnam, Thailand, Singapura, Malaysia dan termasuk Indonesia. Marketplace yang didirikan pada tahun 2012 ini berada di bawah induk perusahaan Rocket Internet. Selain itu, aplikasi ini sudah menjadi bagian Alibaba Group.

  1. BliBli

Peringkat kelima dari lima marketplace terbaik dengan penjualan tertinggi di 2021 ini adalah BliBli.com. Selama tahun 2020, marketplace dari anak perusahaan PT Djarum ini mampu mencapai jumlah pelanggan sebanyak 18 juta setiap bulannya. Jumlah karyawan ini pada perusahaan e-commerce ini berjumlah 1.800 pekerja. Blibli juga merupakan marketplace Indonesia yang sebenarnya sudah berdiri sejak 10 tahun yang lalu.

Persaingan lima marketplace terbaik dengan penjualan tertinggi di 2021 ini memang semakin ketat. Untuk berkompetisi dengan marketplace lainnya, mereka saling berlomba-lomba melakukan inovasi untuk menarik pelanggan. Beberapa metode dilakukan mulai dari mengadakan promosi, event, lomba, diskon besar-besaran hingga mengadakan konser megah. Mereka juga tak mau kalah merekrut artis-artis luar negeri sebagai Brand Ambassadornya.

Dari lima marketplace terbaik dengan penjualan tertinggi di 2021 inilah kamu bisa melihat traffic  minat pengunjung. Jadi, kamu bisa pilih marketplace yang bisa kamu andalkan sebagai tempat jualan onlinemu. Namun, sebelum bergabung dengan marketplace pilihanmu, teliti aturannya terlebih dahulu.

Pastikan bahwa marketplace yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis onlinemu ya! Semoga informasi ini bermanfaat.

Cara buka toko di shopeeCara jualan di tokopediaJualan di marketolaceMarketplace terbaikMarketplace yang paling bagus di 2021

Leave a comment

All comments are moderated before being published