5 Tujuan Penting Kenapa Anda Menyimpan Nomor Telepon Penting Ini

Nomor telepon yang ada di Indonesia tidak boleh diremehkan begitu saja. Mengingat banyak kejadian penting yang tidak terduga, Anda perlu menyimpan nomor telepon ini. Menyimpan telepon penting di kontak Anda tidak hanya membuat aman tetapi juga terjaga saat terjadi peristiwa tak menyenangkan. Berikut beberapa tujuan menyimpan telepon penting bagi Anda:

Memudahkan Akses Di Kala Darurat

Tujuan pertama menyimpan nomor telepon penting adalah memudahkan akses. Anda perlu memahami bahwa ada banyak saluran di sekitar tempat. Anda tidak bisa menghubungi semua kontak fasilitas umum dalam keadaan genting.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dengan menekaan saluran 108. Nomor 108 merupakan saluran nomor yang diluncurkan Telkomsel untuk mengetahui informasi umum.

Dengan menekan angka 108, Anda akan memperoleh informasi mulai dari rumah sakit, apotek, informasi jalan yang terdekat dengan wilayah Anda. Jadi, anda tak perlu bingung mencari informasi satu per satu.

Mencari Bantuan Mendesak Saat Masalah Datang

Saat peristiwa tak terduga terjadi, Anda mungkin saja bingung dan panik. Namun, kepanikan justru menambah masalah yang Anda alami semakin besar. Jika sesuatu terjadi kepada Anda, tetaplah berusaha tenang dan mencari solusinya.

Jangan panik dan hubungi beberapa nomor telepon penting ini, antara lain:

  • 129 untuk nomor Posko Bencana Alam.
  • 108 untuk keterangan informasi umum.
  • 112 untuk keterangan nomor darurat Satelit dan Telepon Seluler.
  • 123 untuk nomor Perusahaan Listrik Negara (PLN).
  • 115 untuk menghubungi nomor tim SAR (Search and Rescue) saat ada bencana.
  • 113 atau 1131 jika terjadi kebakaran.
  • 118 atau 119 jika Anda, keluarga, atau teman butuh Ambulance.
  • 110 jika Anda membutuhkan bantuan polisi.

Meningkatkan Kewaspadaan Saat Terjadi Masalah Darurat

Nomor telepon dengan angka tiga digit memang berguna. Namun, nomor-nomor tersebut digunakan pada saat peristiwa tak terduga sedang berlangsung. Bagaimana solusinya apabila Anda tahu kalau masalah besar akan terjadi jika dibiarkan? Berikut nomor yang perlu anda hubungi sebagai bentuk waspada.

  • Hubungi 021-3903963 untuk masalah kekerasan pada perempuan.
  • Telepon 021-319015 untuk masalah kekerasan yang dilakukan pada anak-anak.
  • Segera tekan 021-7256526, 021- 7221810 dan 021- 7257826 jika ingin mencegah kasus bunuh diri di sekitar wilayah Anda.
  • Segera hubungi 021-4227875 atau 021-4250767 saat Anda ingin mencegah kasus keracunan.
  • Untuk pencegahan kasus pelanggaran Komnas HAM, anda dapat menghubungi 021-3925230.
  • Jika anda ingin mencegah kasus korban ODGJ, masalah kejiwaan dan psikis, segera hubungi 500-454.

Mengantisipasi Adanya Bahaya Yang Semakin Berat

Memiliki kontak telepon darurat juga bertujuan untuk mencegah terjadinya bahaya yang lebih berat lagi. Anda perlu memahami bahwa bahaya tidak hanya terjadi pada saat itu juga. Anda perlu memiliki rasa kepekaan yang tinggi sebelum bahaya tersebut terjadi.

Salah satu contohnya teman atau saudara Anda mengalami depresi. Sehari-hari ia mengurung dalam kamar. Atau bisa jadi ia melukai dirinya sendiri. Anda perlu memiliki kontak pencegahan kasus bunuh diri. Nomor tersebut dapat Anda gunakan saat teman Anda melakukan hal yang diluar kendalinya.

Supaya Tindakan Keamanan Bisa Dilakukan Secara Cepat  

Dengan adanya nomor darurat, anda dapat menjadi pahlawan. Apabila terjadi masalah di luar kendali, anda bisa mencari keamanan dengan sigap. Di era digital seperti ini, anda juga bisa memanfaatkan ponsel Anda untuk menghubungi nomor-nomor darurat tersebut.

Dengan demikian, Anda bisa menjadi bagian dari tindakan heroik. Tidak hanya menjadi penolong saja, Anda juga turut membantu mengurangi kasus bahaya dalam hal kriminal, bencana dan lain sebagainya.

Semoga informasi ini bermanfaat, segera simpan nomor darurat mulai sekarang ya.

Nomor teleponNomor telepon pentingTelepon penting

Leave a comment

All comments are moderated before being published