6 Jenis Permainan Tradisional Indonesia, Ada Yang Mirip Squidgame Juga

Mengobati rasa rindu akan kenangan masa kecil adalah bermain. Salah satu hal yang membuat bahagia adalah permainan tradisional. Kamu perlu tahu bahwa permainan di Indonesia sangat kaya.

Namun, kamu perlu tahu bahwa permainan tradisional Indonesia ada yang mirip Squidgame. Tapi bukan dengan bunuh-bunuhan ya! Penasaran kan? Berikut enam jenis permainannya.

  1. Gobak Sodor atau Galasin

Biasanya kamu bermain gobak sodor saat sore hari kan? Permainan ini diikuti secara beregu. Permainan diikuti tiga hingga lima orang. Ada beberapa orang yang bertugas menjaga tempat. Grup lawan akan menghadang untuk menjaga wilayah yang ditentukan. Gobak Sodor berasal dari Jawa Tengah.

Dalam film Squidgame, kamu akan melihat permainan Ojingeo. Ojingeo Gameu melibatkan dua orang. Satu orang akan berlari dan satu lagi akan menghadangnya. Area lari sudah ditentukan untuk dilewati.

  1. Sunda Manda

Dari serapan Zondag Maandag, permainan ini disebut Sunda Manda atau Engklek. Biasanya, pemain melompat-lompat di atas kotak atau bangun datar. Gambar bangun ini dibuat diatas tanah. Pemain melompat satu kaki sambil mengambil batu yang sudah dilempar. Permainan dari Sunda ini masih eksis hingga saat ini.

Kamu akan melihat permainan serupa dalam film Squidgame. Permainan ini disebut dengan Glass Stepping Stone. Peserta akan kalah saat menginjak kaca. Dalam adegan itu, kamu melihat seleksi permainan kelima dari 400 menuju 16 peserta.

  1. Bermain Patung-patungan

Mungkin kamu kangen dengan permainan yang satu ini. Salah satu peserta akan menjadi penjaga. Penjaga tersebut akan mengejar peserta yang mulai bergerak. Jika terkena, maka si peserta akan menggantikan posisi penjaga.

Adegan permainan ini mengingatkan dalam adegan film Squidgame. Adegan ini menampilkan lampu merah berhenti dan lampu hijau bergerak. Peserta harus mengikuti instruksi robot boneka besar.

  1. Bola Bekel

Dalam permainan bola bekel, kamu perlu membutuhkan alat, diantaranya bola karet. Kamu juga perlu enam biji bekel. Biji tersebut biasanya berjumlah enam.

Cara permainannya cukup seru. Pertama, bola karet dipantulkan. Kedua, kamu harus mengambil enam biji bekel secara cepat saat bola terpantul. Jika kamu berhasil, kamu akan naik level berikutnya.

  1. Congklak atau Dakon

Dari bentuknya, papan congklak ini terdiri dari 16 lubang. Enam belas lubang tersebut memiliki dua lubang besar. Tak hanya itu saja, ada juga empat belas lubang kecil. Permainan tradisional ini membutuhkan 98 kerikil atau biji.

Peserta yang dibutuhkan hanya dua orang saja. Ajak salah satu temanmu untuk suit. Bagi yang menang, dia akan mengambil semua biji dari salah satu lubang. Tahap selanjutnya, pemain harus mengisi lubang papan satu persatu.

Alur pengisian dari kiri sampai kanan. Lakukan sampai biji habis dan memiliki biji terbanyak di tempat terakhir.

  1. Permainan Bambu-Gatrik

Serunya permainan tradisional zaman dulu ini. Kamu bisa bermain dengan teman-temanmu. Alat yang dibutuhkan dua batang bambu yang sudah diiris tipis.

Peserta harus berjumlah genap agar dapat dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama harus melempar bambu. Sedangkan kelompok lainnya harus menangkap bambu.

Apabila bambu sudah berhasil ditangkap oleh lawan, penukaran posisi pemain bisa dilakukan. Bambu yang ditangkap menentukan kalah atau menangnya kelompok. Jika salah satu kelompok sering menangkap bambu, kelompok tersebut akan menang.

Nah, beberapa dari permainan tradisional Indonesia memang ada yang mirip dengan Squidgame. Dilihat dari adegan permainan Squidgame, bagaimana pun juga permainan yang mengorbankan nyawa tidak bisa dimaafkan.

Lebih seru permainan tradisional di Indonesia, bukan?

Game indonesiaPermainan tradisionalSquidgame

Leave a comment

All comments are moderated before being published