6 Pekerjaan Yang Akan Dibutuhkan Di Dunia Perusahaan Start Up

Dunia perusahaan startup kian menjamur hingga saat ini. Di era serba digital, banyak perusahaan berbasis digital sedang mengembangkan bisnisnya. Oleh karena itu, banyak perusahaan start up yang membutuhkan tim untuk mengembangkannya. Berikut enam pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan start up di masa depan.

  1. Digital Marketer

Banyak perusahaan yang membuka recruitment untuk posisi ini. Namun, banyak juga pelamar yang ingin menduduki sebagai Digital Marketer. Sebagai seorang digital marketer, kamu tidak hanya dituntut mampu menjual saja. Kamu juga harus memiliki kemampuan di bidang SEO, konten dan teknik mendesain iklan.

Selain itu, kamu juga harus paham tentang efisiensi biaya. Terkadang, perusahaan memiliki dana yang terbatas untuk membiaya pembuatan marketing digital.

  1. Seorang CEO Mini – Product Manager

Pekerjaan selanjutnya yang banyak dicari adalah Product Manager. Posisi ini diibaratkan sebagai CEO Mini pada product yang mereka rancang.

Product manager ini yang menjadi otak bagi seluruh produk perusahaan. Jika perusahaan memproduksi di bidang teknologi, posisi ini sangat dibutuhkan.

Skill dan ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang Product Manager antara lain coding, leadership serta menganalisa suatu produk.

  1. Copywriter

Untuk mempromosikan produk dalam bentuk digital, dibutuhkan tulisan yang persuasif. Deskripsi produk juga harus dirancang agar pelanggan mau membelinya. Salah satu profesi yang banyak dibutuhkan adalah Copywriter.

Untuk menjadi seorang Copywriter, kamu tidak hanya dituntut pandai menulis saja. Ketahui tentang SEO agar tulisan bisa masuk dalam pencarian teratas. Selain itu, kamu juga harus pandai menemukan keyword utama dan keyword turunan yang tepat untuk membuat artikel yang menarik.

Seorang Copywriter perlu memahami target klien yang sesuai, misalnya produk skincare ditargetkan untuk wanita remaja. Kamu harus menulis artikel produk yang lucu dan menggemaskan.

  1. Desainer Grafis Digital

Desain menjadi skill penting dalam mempromosikan produk digital. Oleh karena itu, desainer grafis digital dibutuhkan dalam mengiklankan produk agar terlihat lebih menarik.

Sebelum diposting, produk biasanya didesain terlebih dahulu. Jadi, kamu harus bisa menggunakan program aplikasi desain seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, dan aplikasi grafis yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, kamu juga harus bisa membuat model Typografi yang menarik. Seorang desainer dituntut kreatif. Selain itu, bentuk font dan desain juga harus disesuaikan dengan target klien.

  1. Konten Kreator

Konten Kreator menjadi profesi baru yang banyak diincar di dunia start up. Untuk menjadi konten kreator, kamu perlu memiliki kemampuan di bidang desain video. Mengambil gambar produk baik melalui foto maupun video menjadi tugas utama seorang konten kreator.

Penataan suara dalam video juga menjadi skill lain yang mendukung pekerjaan konten kreator dalam memasarkan produk.

Selain itu, konten kreator juga harus paham bagaimana optimasi sosial media agar konten disukai banyak viewers.

  1. UX Designer atau UI

Prospek seorang User Experience (UX) dan User Interface (UI) sangat bagus di dunia startup sekarang. Meskipun UI dan UX hampir sama, tugas kedua posisi ini berbeda.

Sebagai seorang UX, kamu harus bisa mengelola tingkat kepuasan pengguna. Didukung dengan skill coding, UX Designer dapat membantu meningkatkan pelanggan ketika mengakses aplikasi, software dan website.

Sedangkan UI, bertugas sebagai perancang pembuatan software, website dan tampilan aplikasi produk.

Jika dalam satu kesatuan produk digital di bidang startup, posisi UX, copywriter, content creator dan digital marketer menjadi satu tim yang dibutuhkan.

Kamu minat menjadi salah satunya?

Pekerjaan di masa depanPekerjaan yang menjanjikanPerusahaan start up

Leave a comment

All comments are moderated before being published