7 Pekerjaan Sampingan untuk Anak Sekolah Usia Remaja

Membangun pekerjaan sampingan bukan sesuatu yang sulit. Asal ada kemauan, semua bisa dilakukan. Apalagi di zaman sekarang, pekerjaan sampingan bisa dilakukan. Bahkan, pekerjaan seperti ini bisa dilakukan oleh remaja.

Daripada penasaran? Pekerjaan sampingan ini mungkin bisa kamu lakukan. Itung-itung buat uang jajan sekolahmu.

  • Menjadi Blogger

Blogger tidak memandang usia muda atau tua. Siapapun bisa asalkan bisa menulis dan desain. Namun, untuk membuat blog pikirkan kontennya terlebih dahulu. Kamu bisa membuat rangkuman materi sekolah di blog. Tulis materi dengan bahasa yang lucu. Selain itu berikan desain foto materi yang kekinian. Dijamin, teman-temanmu bakal betah mengklik blogmu berulang-ulang. Sekali klik, kamu dapat cuan. Lumayan kan?

  • Menjadi Agen Pulsa

Mau jualan yang modalnya nggak gede? Kamu bisa jualan pulsa. Dengan modal minimal 50.000, kamu bisa jadi agen pulsa. Promosikan voucher pulsa terupdate. Gencar posting promo pulsa lewat WhatsApp atau sosial media yang lain.

Ini menjadi salah satu cara supaya temen-temen sekelasmu membeli pulsamu. Lumayan, kalau per anak nambah cuan seribu rupiah. Bisa bayangkan kalau sekelas, bisa jadi berapa untungmu?

  • Ikutan Jadi Dropshipper

Pingin jualan, tapi nggak punya modal dan tempat? Jangan pesimis dulu! Kamu bisa lho mendaftarkan diri menjadi dropshipper di agen online, seperti: aksesoris hijab, sepatu atau tas.

Sistemnya gampang. Kamu hanya perlu menjual barang dari agen tersebut. Pastikan agen tersebut menerima dropshipper ya! Jika temanmu membeli barang tersebut, kamu bisa dapat cuan beberapa persen dari agen tersebut.

  • Jasa Titip Belanja Buku

Berburu buku pelajaran baru jadi agenda rutin anak sekolah. Dari kesempatan itu, kamu bisa buka jasa titip belanja buku. Sebelumnya, kamu harus tahu toko buku mana yang paling murah dan lengkap.

Daftarkan teman-temanmu untuk membeli buku. Jika satu kelas membeli buku, kamu bisa dapat cuan. Bahkan, kamu mungkin bisa mendapat buku gratis dari agen toko.

  • Jasa Titip Print dan Fotokopi Online

Nah, ini yang mungkin banyak dibutuhkan anak sekolah. Tugas sekolah selalu diberikan setiap hari. Namun, beberapa siswa mungkin malas mencetak tugas. Ada juga yang enggan fotokopi materi. Hal ini karena tempat fotokopi dan print yang jauh.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka jastip fotokopi dan print. Perhitungkan biaya transport dan kuotamu. Jika semua teman sekelas menitipkan semua print tugas lewat jasamu, lumayan bisa nambah uang jajanmu kan?

  • Bisnis Online Shop ATK

Kebutuhan alat tulis anak sekolah selalu ada. Kamu bisa menjual beberapa alat tulis seperti bolpoin, pensil dan buku tulis. Menjual secara online tidak harus melalui akun e-commerce.

Kamu bisa menjual alat tulis dengan WhatsApp saja. Karena sasaranmu teman sekelas, kamu bisa menjualnya lewat grup. Pastikan model alat tulisnya yang up-to-date. Kalau ingin menjual buku notes yang lucu dan keren, kamu bisa melihat koleksinya di bukuqu.com

  • Membuat Pasar Online Kelas

Jika kamu ketua kelas, ide seperti ini sepertinya bagus. Kamu bisa mengajak teman sekelasmu yang ingin membuka usaha dan jasa kecil-kecilan. Bentuk kelompok usahamu melalui grup WhatsApp.

Melalui grup tersebut, kamu bisa membuka jasa dan bisnis kecil-kecilan. Di dalam pasar online, kamu bisa mengumpulkan jasa print, online shop ATK dan kebutuhan lain menjadi satu. Jadi, kebutuhan sekolah menjadi lebih mudah.

2 Hal yang perlu Diingat Saat Membangun Bisnis di Sekolahan

  • Jangan menjual jasa dan produk yang melanggar hukum seperti: film porno, narkoba, senjata tajam, minuman keras dan produk berbahaya lainnya. Jika dipaksa temamu, kamu harus menolaknya. Sebaiknya laporkan saja kepada gurumu!
  • Jika berbisnis, tidak diperkenankan mengambil untung terlalu banyak. Ambil untung beberapa persen saja sekedar menambah uang jajanmu.

Bagaimana? Tertarik membangun kerja sampingan sendiri mulai sekarang?

Kerja sampingan onlinePekerjaan sampinganPekerjaan sampingan uintuk anak remaja

Leave a comment

All comments are moderated before being published