Berkreasi Dengan Planner: Tips Merencanakan Hidup Anda dengan bukuqu

Oh, planner. Itu seperti jimat pengingat. Jika anda tidak terbiasa atau asing, planner atau buku agenda adalah sistem yang sudah ada selama bertahun-tahun. Ingat dulu mungkin orang tua anda menggunakannya terutama pada awal tahun 80an! Bahkan anda mengenalnya dengan buku diari, ranah yang lebih privat. Ini menandakan planner adalah sesuatu yang fleksibel dan popularitasnya sangat luas dan bertahan lama. Dan tidak mudah untuk menggesernya hingga sekarang.

Melihat catatan penuh dengan warna kemudian dihias dengan aneka stiker atau tempelan. Menjadi pengingat sendiri ketika anda belum bisa beralih seratus persen ke gadget sebagai pengganti alat tulis. Bagaimana anda bisa berkreasi dengan planner?

Berikut adalah tips berkreasi dengan buku agendamu!

Pilih Organiser Yang Benar Dan Tepat Bagi Anda?

Ukuran organiser yang anda pilih akan menentukan yang lainnya seperti seberapa fleksibelnya planning anda, ukuran kertas yang anda beli, dan cara menggunakannya. Tipsnya salah satunya jika anda ingin menggunakan agenda seperti pemetaan dan catatan pikiran yang banyak pilihlah organiser yang ukurannya besar seperti A5, tetapi ukuran ini sulit jika anda juga menggunakannya untuk daftar belanjaan di supermarket.

Jadi jika planner itu hanya ada di satu tempat saja. Misalkan meja kerja anda maka pilihan yang tepat adalah ukuran A5. Karena anda bisa dengan mudah untuk menulis karena halaman lebih luas. Dan ukuran A5 ini tidak terlalu besar dan masih bisa dibawa kemana-mana meski jika mobilitas anda tinggi sebaiknya pilihlah ukuran yang lebih kecil.

Kertas

Agenda atau planner ini tentu ada kaitannya dengan kertas. Sekarang banyak yang menawarkan berbagai kertas untuk mengisi organiser ada. Tetapi lebih menyenangkan jika anda bisa menghiasnya sendiri dengan kreativitas anda. Beberapa toko menawarkan kertas terutama yang berwarna putih polos serta warna pastel tetapi tidak terlalu dinamis.

Di sinilah kenapa organiser, planner atau agenda itu masih menarik. Anda bisa berkreasi sesuka hati menggunakan kertas polos tersebut. Sehingga sesuai dengan keinginan anda. Jangan terlalu kaku hanya mengisi organiser anda ini dengan tulisan saja.

Pengaturan

Pengaturan di sini lebih pada organiser yang dilengkapi cincin pengikat. Karena mudah mengubah dan membukanya untuk merombak isinya kapan pun anda mau. Jadi tips buat anda yang ingin memulai pencatatan pilihlah agenda yang dilengkapi dengan ring atau cincin pengikat. Terutama untuk yang mengkhususkan catatan ini masih berubah-ubah. Dan juga ini lebih mudah untuk didesain sesuai dengan keinginan anda.

Kreasi Dengan Download Theme Gratis

Catatan agenda ini sekarang sudah banyak desainnya yang bisa diunduh secara gratis. Seperti yang banyak tersedia adalah desain kalender. Karena akan memudahkan anda dalam menuliskannya. Dan tidak terlalu bergantung pada gadget anda ketika ingin tahu hari ini tanggal berapa.

Selain banyak desain yang menarik anda juga bisa terhubung dengan beberapa komunitas yang senang dengan menghias organiser dan bisa bertemu serta bertukar desain planner atau berbagi tips tentang menulis planner yang cantik akan tetapi fungsional.

Tips Menyusun Organiser Anda

Ada beberapa tips yang bisa anda coba terutama bagai pemula yang baru ingin menggunakan organiser sebagai tempat berkreasi, yakni:

  • Masukkan stip photoboth favorit anda ke dalam amplop bening kemudian pasang di dalam organiser anda.
  • Tambahkan beberapa halaman lepas diantara halaman-halaman mingguan. Ini cadangan untuk mencatat hal lain yang perlu dilakukan atau ide yang tiba-tiba muncul.
  • Gunakan selotip warna warni untuk membuat tulisan dan perencanaan lebih menyenangkan.
  • Tidak melulu harus menggunakan stiker anda bisa berkreasi menggunakan bungkus cokelat atau permen sebagai pengganti stiker di agenda anda.

Sangat bermanfaatkan sekali kan agenda atau planner itu karena anda bisa berkreasi tidak hanya menuliskan catatan kuliah atau rapat saja. Selamat berkreasi.

Leave a comment

All comments are moderated before being published