Biasanya Murah, Barang Lokal Ini Dijual Mahal di Amazon

Kekayaan ekonomi produk Indonesia sangat bervariatif, bahkan banyak produk lokal yang dijual secara internasional. Ternyata, nilai jual produk barang-barang Indonesia sangat tinggi. Ini dibuktikan dengan mahalnya harga barang Indonesia di Amazon.

Penasaran sama produk-produk lokal tersebut? Berikut beberapa barang lokal yang dijual di Amazon.

  • Keripik Tempe (Tempeh Chips)

Di Indonesia, kamu bisa membeli keripik tempe dengan harga bersahabat. Di toko-toko kelontong terkadang dijual dengan harga sepuluh ribu rupiah saja. Terkadang, ada juga para pedagang asongan yang menjual keripik tempe tiga bungkus dengan harga yang murah.

Di Amazon, kamu bisa temukan Tempeh Chips. Snack ini dibandrol dengan harga sekitar 17 US Dollar. Wah…. uang sebanyak 17 Dollar Amerika sudah bisa beli keripik tempe berapa ya di Indonesia?

  • Nampan atau Tampah Beras (Bamboo Wall Art)

Nampan biasanya terbuat dari anyaman bambu. Berbentuk lingkaran besar untuk menjemur. Selain itu juga dibuat untuk menampan beras. Masyarakat zaman dulu biasanya menggerakkan nampan ke atas sehingga kulit beras beterbangan.

Di pasar, harga nampan beras dijual dengan kisaran mulai Rp 20.000 saja. Tidak hanya di pasar, kamu bisa membelinya di toko online.

Sedangkan kalau kamu membeli di Amazon, kamu tidak akan bisa mengakses kata Tampah. Istilah Tampah Beras di Amazon menjadi Bamboo Wall Art. Di negara lain, alat ini berubah fungsi menjadi hiasan dinding dengan harga $ 13. Tiga belas Dollar kalau di Indonesia mending beli tempat berasnya sekalian ya.

  • Ulekan Sambal (Granite Molcajete Spice Grinder)

Harga ulekan sambal di Indonesia dapat dibeli dengan harga antara 50.000 sampai 60.000 rupiah. Itu sudah termasuk dengan set ulegan dan cobek. Orang Indonesia biasa menggunakannya untuk membuat sambal atau bumbu.

Kamu bisa menemukan benda ini dengan nama Granite Molcajete Spice Grinder. Harga benda ini manjadi fantastis saat dijual di Amazon dengan harga $ 22. Kalau di Indonesia, 22 Dollar bisa buat beli chopper otomatis untuk menggiling bumbu ya.

  • Kerupuk Udang Mentah – (Shrimp Crackers Large Disks Not Yet Fried)

Jika kamu membeli kerupuk udang mentah sebesar 250 gram, kamu bisa membelinya dengan kisaran harga kurang lebih Rp 28.000 saja. Bahkan untuk membeli kerupuk udang mentah curah bisa dibeli dengan harga murah di pasar.

Sedangkan di Amazon, harga Shrimp Crackers Large Disks Not Yet Fried dijual dengan harga sebesar 15 Dollar. Astaga, selain nama kerupuknya jadi lebih panjang dan ribet, harganya pun ikutan ribet ya.

  • Mie Instan

Di indonesia, Mie Instant menjadi makanan pelipur lapar saat duit lagi nipis. Dengan lima ribu rupiah saja,kamu bisa membeli mie instant dua bungkus. Makanan ini biasanya menjadi makanan pokok anak kos saat tidak mendapatkan kiriman.

Bedanya, mie instant di luar negeri sudah bukan makanan kos tapi makanan boros. Ini karena harga Mie Instant di Amazon dijual dengan harga mahal. Sebungkus Instant Noodle di Amazon dibandrol dengan harga 21 Dollar.

Dengan 21 Dollar, kamu bisa membeli bakmi goreng untuk satu keluarga besar ya. Sepertinya Mie Instant kemasan di luar negeri menjadi naik kasta menjadi makanan mahal. Reputasi Mie Instant jadi lebih bermartabat di luar negeri. Ini karena mie instant juga menjadi makanan spesial di luar negeri.

Wajar kalau harga barang lokal menjadi mahal di Amazon. Itu semua karena standard biaya hidup di luar negeri jauh dengan di Indonesia. Selain itu, biaya pajak dan perizinan produk import ke luar negeri juga sangat tinggi.

Gimana? Berminat jualan di Amazon juga?

AmazonCara jualan di luar negeriJualanProduk indonesia

Leave a comment

All comments are moderated before being published