Cari Tahu Klasifikasi Produk yang Laris Dijual di Marketplace Sebelum Menjual Produkmu

Jika kamu ingin membangun bisnis online, jangan buru-buru menentukan produk yang akan dijual. Agar tidak menyesal kemudian, ada baiknya melakukan observasi terlebih dahulu tentang produk-produk yang laku di platform e-commerce online.

Namun, untuk membuat e-commerce di butuhkan biaya yang cukup besar. Sebagai pemula, kamu bisa manfaatkan produkmu pada fitur marketplace yang disediakan oleh layanan Facebook. Sebelum menjual produkmu, lakukan obeservasi tentang klasifikasi produk yang laris dijual di marketplace. Berikut beberapa klasifikasi produk yang perlu kamu tahu.

Klasifikasi Brand Fashion

Salah satu klasifikasi brand produk yang paling banyak diminati adalah fashion.  Alasannya, pakaian adalah kebutuhan sekunder yang digunakan dalam berbagai keperluan mulai dari kegiatan  sehari-hari, pesta, rekreasi hingga kegiatan resmi. Berdasarkan sumber yang ada, lebih dari setengah persen konsumen membeli produk fashion di portal online.

Seiring dengan berkembangnya zaman, model pakaian pun juga update. Misalnya saja di tahun 2021 ini, banyak fashion yang mengikuti model negara Korea.  Jadi, kamu bisa menjual baju model Korea, contohnya blazer, celana, baju olahraga hingga pakaian resmi di marketplace.

Klasifikasi Brand Beauty

Produk yang laris dijual di marketplace berikutnya adalah brand kecantikan atau beauty. Produk-produk kecantikan ini ternyata tidak hanya diminati oleh kaum hawa saja, bahkan banyak produk-produk perawatan pria yang dijual. Pasalnya, banyak selebgram atau vlogger yang mengutamakan performa penampilan sebagai asetnya.

Tapi, kamu perlu waspada sebelum berniat menjual produk perawatan dan kecantikan. Pastikan kandungan produk yang kamu jual aman dan tidak memiliki dampak yang buruk. Selain itu, pastikan juga produk yang akan kamu tawarkan sudah lolos uji BPOM dan MUI sehingga konsumen percaya kalau produkmu aman dan halal. 

Klasifikasi Brand Gadget

Urutan produk yang laris dijual di marketplace selanjutnya yaitu produk gadget. Ini karena gadget menjadi fasilitas utama bagi para konsumen yang bergelut di pekerjaan online seperti freelance copywriter, desain grafis hingga owner pedagang online sekalipun. Oleh karena itu, brand gadget menjadi alasan mengapa konsumen banyak yang minat dengan produk ini.

Supaya produk gadgetmu semakin laris di marketplace, kamu bisa tambahkan produk aksesori sebagai pelengkapnya seperti Custom Case, Earphone, Screen protector, charger  dan powerbank dari perusahaan resmi.

Klasifikasi Brand Household

Kelompok produk household menjadi tujuan para ibu rumah tangga. Banyak e-commerce resmi yang menjual produk perlengkapan rumah tangga sesuai dengan kategorinya misalnya perlengkapan dapur, perlangkapan kamar mandi hingga perlengkapan ruangan.

Supaya daganganmu lebih laris di marketplace, kamu bisa tambahkan informasi promo gratisan seperti gratis sikat gigi atau sabun mandi. Kamu harus tahu kalau ibu rumah tangga pasti akan tertarik dengan hal-hal yang berbau promo.

Klasifikasi Hobi dan Mainan

Yang menjadi sasaran konsumen berikunya adalah kolektor dan penggemar mainan. Biasanya produk yang laris dijual di marketplace dengan kategori mainan contohnya action figure, kartu game online dan koleksi mainan lainnya.

Ada juga konsumen yang hobi mengumpulkan notebook dan kartu ucapan sebagai koleksinya. Untuk kategori stationery yang unik-unik, Bukuqu Official Shop bisa menjadi acuannya. Jadi kamu tinggal ketik saja nama toko online pada mesin pencarian website shopee.co.id. Di link www.shopee.co.id/bukuqustore, kamu bisa menemukan aneka produk stationery yang lucu-lucu dan menarik.

Nah, kamu tertarik menjual apa di marketplace? Sebelum memutuskannya, tentukan dulu sasaran konsumen dan kebutuhannya ya! Semoga dapat ide unik dari informasi ini.

Cara jualan di marketplaceJual di marketplaceJualan via marketplaceProduk yang dijual di marketplaceProduk yang laris dijual di marketplace

Leave a comment

All comments are moderated before being published