Enam Profesi Yang Akan Hilang Di Masa Depan, Profesimu Termasuk Juga Gak?

Berkembangnya dunia digital di masa kini, banyak profesi yang tergeser. Bahkan, beberapa profesi kemungkinan akan hilang. Sistem digital akan menggantikan beberapa profesi berikut ini.

  1. Teller Bank

Kemungkinan seorang Teller bank tak dibutuhkan lagi di masa depan. Ini karena tugas teller akan digantikan oleh teknologi. Bahkan, nasabah sekarang bisa transaksi lewat aplikasi. Jadi, nasabah tidak perlu datang ke bank.

Mayoritas bank di Indonesia sudah memberikan layanan online. Kamu pasti sudah familiar dengan Mobile Banking kan? Dengan aplikasi tersebut, nasabah bisa memilih beberapa fitur.

Layanan yang ditampilkan fitur aplikasi bank antara lain, pembayaran online, transaksi online, komplain sampai cek informasi saldo. Bahkan untuk setor tunai, kamu juga tak perlu jauh-jauh ke bank.

Beberapa ATM terdekat sudah melayani setor tunai. Lalu, bagaimana ya dengan tugas teller ke depannya?

  1. Agen Tur Pariwisata

Merencanakan wisata semakin mudah. Kamu bisa mengisi registrasi melalui jasa travel agen online. Banyaknya startup di bidang agen travel telah menggeser fungsi agen travel itu sendiri.

Traveller bisa menikmati liburan hanya dengan modal gawai saja. Selain itu, mereka bisa membeli tiket secara online. Tak hanya itu saja, website juga menyediakan hotel dan kuliner terdekat. Semua bisa diakses dengan mudah tanpa datang jauh-jauh ke agen tur pariwisata.

  1. Kasir Toko

Sebelumnya, banyak toko atau perusahaan retail yang membutuhkan kasir. Kini, banyak perusahaan retail yang memanfaatkan teknologi. Salah satunya layanan transaksi online.

Bahkan, ada banyak toko konvensional yang mengubah haluan menjadi toko online. Dengan begitu, tugas kasir tidak lagi dibutuhkan karena sudah digantikan dengan sistem.

Berdasarkan hasil penelitian dari Finansial Cornerstone Capital Group, sebanyak 6 hingga 7,5 juta pekerja retail akan digantikan oleh robot dan teknologi.

  1. Pustakawan/Staf Perpustakaan Dan Karyawan Toko Buku

Kini sudah banyak penyedia layanan e-book. Dengan adanya buku online yang bisa diunduh secara gratis, anda tidak perlu jauh-jauh datang ke perpustakaan. Bahkan, pembaca terkadang sulit menemukan judul buku yang ia cari. Sedangkan dengan sistem online, pembaca bisa mencari dengan mudah dalam sistem pencarian.

Perkembangan e-book dan buku online juga menggeser fungsi toko buku konvensional. Hal ini juga membuat tugas staf toko buku tergeser sistem startup toko buku online. Tidak heran banyak toko buku yang membangun sistem penjualan mereka dengan sistem online.

  1. Telemarketing Perusahaan

Akhir-akhir ini jarang ditemukan lowongan pekerjaan yang membutuhkan telemarketing. Pekerjaan telemarketing sudah banyak digantikan oleh teknologi dan sistem. Banyak penyedia startup retail dan jasa yang menggunakan robot dan sistem.

Biasanya sistem dirancang untuk melayani customer. Dengan sistem mesin robot otomatis, customer bisa mengetahui produk yang dijelaskan oleh robot sistem.

Jadi, tugas telemarketing mungkin tidak dibutuhkan lagi di masa depan.

  1. Agen Asuransi

Layanan startup di bidang asuransi sudah tersebar dimana-mana. Para klien sudah tidak perlu lagi repot-repot mencari kantor agen asuransi. Ada banyak fitur dan layanan asuransi yang bisa kamu ketahui secara jelas.

Untuk membayar premi atau angsuran, kamu bisa bertransaksi secara online. Dengan kemudahan segala fasilitasnya, tugas dari seorang agen asuransi tidak dibutuhkan lagi.

Sebagai solusinya, banyak asuransi yang memanfaatkan digital marketing. Mereka membangun agen dalam bentuk sistem. Bahkan, sosial media seperti Instagram, TikTok juga bisa digunakan untuk memasarkan produk dan jasa.

Jika profesimu termasuk, kamu tak perlu berkecil hati. Kerahkan semua skill dan bakatmu, karena potensimu selalu dibutuhkan dalam dunia digital di masa depan.

PerkerjaanProfesi yang akan hilang di masa depanTeller bank

Leave a comment

All comments are moderated before being published