Harus Tahu! Ternyata Ini Bedanya Binder Anak Sekolah dengan Profesional

Membahas tentang binder, buku catatan ini penting digunakan untuk keperluan kuliah dan pekerjaan. Selain digunakan untuk mencatat materi dan tugas kuliah, binder juga digunakan untuk mencatat agenda pekerjaan penting. Lalu, apa perbedaan binder anak sekolah dengan profesional? Simak informasinya lebih lanjut!

Perbedaan Bahan Kertas Binder

Bahan kertas binder antara anak sekolah dan pekerja sangat berbeda. Untuk  pelajar dan mahasiswa, bahan kertas binder biasanya dirancang cukup menarik dan sederhana. Bahan kertas  untuk keperluan sekolah berukuran A5. Tidak hanya itu saja, gambar dan warna terkadang menghiasi kertas agar catatan sekolah makin terlihat keren. 

Lain halnya dengan bahan kertas untuk keperluan kantor. Kertas binder untuk karyawan biasanya memiliki logo kantor dengan ketebalan kertas yang lebih berat. Di samping itu, ukuran kertas juga besar misalnya B5. Orang-orang menggunakan kertas binder untuk arsip bukan dibawa ke mana-mana seperti di sekolah.

Perbedaan Bahan Ring Binder 

Jenis ring untuk binder kampus/sekolah berbeda dengan bahan ring buku catatan kantor. Ring ini digunakan untuk kebutuhan tugas sekolah. Oleh karena itu, bahan dibuat dari bahan plastik. Jadi, alat tulis ini dapat dibawa ke mana-mana dengan ringan. Selain itu, tujuan alat tulis ini hanya untuk tugas dan bahan kertas coretan  menghitung sekali buang sehingga tidak perlu memilih buku catatan yang terlalu berat.

Berbeda dengan kebutuhan pekerjaan. Bahan ring dibuat dengan desain yang tebal dan kuat. Itu alasannya ring binder profesional biasanya dibuat dengan bahan logam dan kokoh. Tujuan buku arsip perusahaan untuk menyimpan catatan dan arsip perusahaan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, bahan yang dipilih juga harus kokoh dan kuat. 

Perbedaan dari Desain Binder 

Perbedaan binder anak sekolah dengan profesional dapat dilihat dari desain itu sendiri. Desain untuk anak sekolah biasanya dirancang secara menarik dan menyenangkan. Tema desain pun bermacam-macam agar murid dan pelajar dapat memilih binder sesuai dengan kesukaannya. Ketebalan bahan binder pun juga tidak berat supaya mereka dapat membawa catatannya ke mana-mana. 

Sedangkan bahan binder profesional memiliki cover yang sangat formal. Bahan penutup alat tulis ini biasanya terbuat dari bahan kulit sintesis. Ini menggambarkan bahwa peralatan catatan mereka didesain sangat elegan dan resmi. Warna yang dirancang pun juga tidak banyak seperti warna perlatan tulis remaja. 

Cover yang diproduksi biasanya memiliki warna monoton seperti warna hitam, cokelat, dan putih. Selain itu, buku catatan perusahaan juga diberi nama brand dengan warna emas agar terlihat elegan.

Perbedaan dari Aspek Kebutuhan 

Buku catatan sekolah dan kampus memliki kebutuhan yang sederhana. Mereka biasanya lebih cenderung memilih desain yang keren dan mudah dibawa ke mana-mana. Para pelajar tidak mementingkan bahan saat memilih karena desain keren dan cool lebih utama. Tidak heran kalau mereka bosan dengan desainnya, mereka akan membelinya lagi. 

Berbeda kebutuhan sekolah, ternyata ini perbedaan binder anak sekolah dengan profesional. Binder profesional mengutamakan kebutuhan bahan. Jadi, alat ini dibutuhkan untuk menyimpan catatan perusahaan dalam jangka waktu yang lama. Itulah alasannya alat kantor cenderung dibutuhkan dalam jangka waktu panjang. 

Dari penjelasan di atas, buku dan peralatan tulis antara anak sekolah jelas berbeda. Ini bisa dilihat dari bahan, ukuran dan desain dari alat tulis itu sendiri. Inilah alasan mengapa perusahaan alat tulis memproduksi desain, ukuran dan bentuk binder yang berbeda-beda.

Sekarang kita baru bisa paham ya kalau binder didesain bermacam-macam untuk target yang berbeda. Kalau anda membutuhkan binder yang mana? (Widy Chandra)

Bahan kertas binderBuku catatanPerbedaan binder anak sekolah dengan profesionalPerbedaan desain binder

Leave a comment

All comments are moderated before being published