Ini Alasannya Mengapa harus Pindah pada TV Digital

Teknologi berkembang dengan pesatnya. Termasuk teknologi pada siaran televisi. Beberapa tahun terakhir ini pemerintah mengampanyekan penggunaan TV digital. Merubah TV analog yang selama ini banyak digunakan kesiaran TV berbasis digital.

Kenali Apa Itu TV Digital

Meski sudah banyak dikampanyekan, namun ternyata TV digital belum begitu familiar di masyarakat. Terutama masyarakat pedesaan. Mereka masih belum mengerti apa itu teknologi TV digital dan perbedaannya dengan TV analog.

Secara sederhana, yang dinamakan TV digital adalah televisi yang menggunakan sistem kompresi dan modulasi untuk membawa siaran data, siaran maupun gambar pada pesawat televisi. Dari teknologi ini didapatkan siaran TV dengan gambar dan suara yang lebih jernih.

TV digital bukan seperti TV kabel berlangganan yang membutuhkan biaya bulanan. TV digital juga bukan video streaming yang membutuhkan quota. Dan TV digital juga bukan seperti parabola yang membutuhkan antena. Tapi TV digital adalah TV dengan sistem multifungsi yang bisa memberikan layanan seperti layaknya video streaming atau TV kabel dengan biaya yang terjangkau.

Kelebihan TV Digital

Teknologi TV digital sebenarnya sudah dikembangkan pada tahun 90-an. Tapi mulai diadakan uji coba pada awal tahun 2000-an. Lalu apa kelebihan TV digital dibandingkan dengan TV analog? Berikut informasi selengkapnya.

  • Gambar Lebih Jernih

Dibandingkan dengan TV analog, TV digital memiliki kualitas gambar dan suara yang lebih jernih. Karena jika pada TV analog masih terlihat gambar bayang-bayang dan seperti semut, tidak dengan TV digital. Jika memang perangkat tidak mampu menangkap sinyal, maka tidak akan ada gambar apapun yang bisa dilihat. Tapi jika perangkat mampu menerima sinyal dengan baik, gambar dan suara yang dihasilkan benar-benar bersih.

  • Sinyal Lebih Stabil

TV analog yang kita kenal selama ini hadir dengan sistem jarak pemancar. Semakin dekat dengan jarak pemancar maka gambar dan suara akan semakin jernih. Begitupun sebaliknya. Semakin jauh dari sinar pemancar maka sinyal akan semakin lemah dan menghadirkan gambar serta suara yang buruk.

Lain halnya dengan TV digital. Semakin jauh jarak dari lokasi pemancar, gambar dan yang dihasilkan akan tetap jernih. Hingga titik sinyal sudah tidak mampu diterima lagi.

  • Memiliki Fasilitas Tambahan

Pengguna TV digital tidak hanya bisa mendapat kualitas gambar dan suara yang jernih saja. Tapi juga akan mendapat fasilitas tambahan. Seperti fasilitas Electronic program guide. Ini akan memungkinkan penonton menyaksikan acara apa yang telah ditayangkan dan akan ditayangkan sambil memberi rating pada program tersebut.

  • Memiliki Dua Status Penerima Sinyal

TV digital tidak akan menampilkan gambar yang rancu, berbayang-bayang atau seperti layaknya kumpulan semut berjalan. Karena TV digital hanya memiliki dua status penerimaan sinyal, yaitu menerima sinyal dan tidak menerima.

Ketika sinyal diterima maka kualitas gambar dan suara yang dihasilkan akan sangat jernih. Tapi jika sinyal tidak diterima, tidak akan ada gambar yang dihasilkan sama sekali.

Kekurangan TV Digital

Namanya juga teknologi. Pasti ada kelebihan dan Kelemahan. Termasuk teknologi TV digital. Sampai saat ini masih sering terjadi kendala Blank spot dan cliff effect pada penyiaran TV digital. Dimana siaran bisa terputus sama sekali atau patah-patah.

Nah, bagi kamu yang sudah menikmati siaran TV digital, tidak ada salahnya untuk mencatat acara televisi apa saja yang ingin kamu nikmati. Tuliskan catatan itu pada notebook atau berbagai pilihan buku planner dari http://bukuqu.com. Dengan mencatatnya, kamu akan tahu program mana saja yang layak diberi rating tinggi dan sebaliknya lengkap dengan alasan yang digunakan.

Tv analogTv digital

Leave a comment

All comments are moderated before being published