Ini Dia Kampusnya Nadiem Makarim Pendiri Gojek Mengenyam Pendidikannya

Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A, atau yang biasa disapa Nadiem Makarim adalah salah satu menteri di kabinet Indonesia Maju. Sebelum memangku jabatan sebagai Menteri Pendidikan Nasional, Nadiem Makarim adalah pengusaha sukses di bidang transportasi online yang bernama Gojek. Sejak awal kemunculannya sebagai Mendikbud, banyak media yang menulis tentang profil pendidikannya.

Hal yang menarik dari perjalanan pendidikan Nadiem adalah Universitas Brown, Amerika Serikat. Di kampus ini Nadiem pernah mengenyam pendidikan selama beberapa tahun. Satu almamater dengan Emma Watson. Penasaran dengan Universitas Brown ini? Berikut seputar fakta tentang kampus yang terkenal dengan kurikulum berbeda dari kebanyakan kampus lainnya.

  • Berdiri Sejak Tahun 1764

Pantas jika dinamakan pusat riset terkemuka di dunia. Karena usia Universitas Brown telah berdiri 300 tahun yang lalu. Tepatnya pada tahun 1764. Berlokasi di Providence. Sebuah negara bagian Rhode Island, Amerika Serikat.

Selain digunakan menimba ilmu 7.043 mahasiswa sarjana dan 2.629 mahasiswa Pascasarjana, Brown University juga digunakan oleh 585 siswa kedokteran. Sehingga wajar jika kampus ini menjadi impian pelajar dan mahasiswa dari seluruh dunia.

  • Dekat Pantai dan Pusat Kota

Daya tarik lain dari kampus ini adalah berada di sebuah kota dengan gaya seni arsitektur yang tinggi. Lokasinya yang berdekatan dengan New York City dan juga Boston membuatnya terlihat cukup strategis. Jika para mahasiswa penat dengan berbagai tugas kuliah, bisa menyegarkan pikiran di sebuah pantai yang bisa ditempuh dengan kendaraan selama 30 menit saja.

  • Menelurkan Banyak Prestasi

Sebagai kampus yang digunakan sebagai pusat riset dunia, sudah pasti Brown University memiliki banyak prestasi. Baik dari mahasiswa maupun jajaran dosen pengajar dan guru besar.

Berbagai penghargaan Nobel banyak didapatkan oleh kampus ini. Mulai dari bersama PBB terkait isu perubahan iklim, penemuan instrumen musik baru, menemukan senyawa baru untuk melawan TBC hingga memecahkan rahasia dari sebuah naskah. Beberapa penghargaan bergengsi ini menunjukkan betapa hebatnya kampus ini.

  • Banyak Pilihan Jurusan

Jika kamu salah satu siswa yang punya mimpi bisa masuk di kampus ini, bersiaplah untuk bingung memilih jurusan. Pasalnya, Brown University memiliki 80 konsentrasi jurusan yang bisa kamu pilih. Seperti biomedical engineering, Theatre Arts and Performance Studies, Gender and Sexuality Studies, Environmental Studies, Cognitive Neuroscience, Archaeology and the Ancient World dan lain sebagainya.

  • Menerapkan Open Curriculum

Berbeda dengan kampus yang lain, kampus jebolan Nadiem Makarim ini menerapkan kurikulum yang berbeda. Setiap mahasiswa bebas menentukan rencana pendidikannya sendiri. Tujuannya adalah agar mahasiswa lebih kreatif menentukan ilmu apa yang ingin mereka dapatkan sekaligus belajar berhadapan dengan resiko yang akan dihadapi.

  • Banyak Membuka Organisasi Mahasiswa

Brown University tidak hanya unggul di bidang akademik saja. Kampus ini juga menyediakan berbagai organisasi mahasiswa sesuai dengan minat dan bakat mereka. Ada 400 organisasi mahasiswa yang disediakan dan difasilitasi oleh kampus agar mahasiswa bisa berkembang sesuai dengan passion mereka.

Itulah profil tentang kampus yang pernah digunakan Menteri Pendidikan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju ini. Bagaimana? Kamu tertarik masuk di sana? Jika iya, segera persiapkan diri sebaik mungkin. Gunakan buku planner untuk mencatat semua rencana itu. Langkah tiap langkahnya. Agar kamu tahu jalan apa yang akan kamu tempuh untuk sampai ke sana.

Jika memerlukan notebook, bullet journal, custom notebook untuk berbagai keperluanmu, bisa langsung mengunjungi http://bukuqu.com. Di sana ada banyak pilihan buku planner yang bisa dipilih untuk membantu kesuksesan belajarmu.

GojekKampus nadiemNadiem makarim

Leave a comment

All comments are moderated before being published