Inilah 10 Kampus Terbaik di Indonesia 2021 versi uniRank

Untuk mengetahui kampus terbaik berdasarkan peringkat, banyak lembaga yang melakukan survei dan penelitian, salah satunya adalah uniRank. UniRank adalah lembaga di Australia yang setiap tahun melakukan pendataan pada pendidikan tinggi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dari 577 kampus, didapatkan 10 kampus terbaik di Indonesia pada 2021 versi uniRank, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Universitas Gadjah Mada

Kampus terbaik pertama adalah Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta yang didirikan 19 Desember 1949, hasil penggabungan dari Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada, Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten, serta Sekolah Tinggi Teknik dan Akademi Ilmu Politik di Yogyakarta. Saat ini, UGM memiliki 18 fakultas, program pascasarjana, dan program vokasi dengan berbagai program studi yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan.

  1. Universitas Indonesia

Peringkat kedua kampus terbaik di Indonesia adalah Universitas Indonesia (2 Februari 1950) yang awalnya berdirinya bernama Dokter-Djawa School Batavia (1849) dengan tujuan menghasilkan asisten dokter bersertifikat dan mendapatkan gelar Dokter Jawa. Kampus yang berpusat di Depok, Jawa Barat, ini memiliki 14 fakultas, program pascasarjana, dan program vokasi.

  1. Universitas Diponegoro

Awalnya, kampus yang berada di Semarang ini adalah universitas swasta bernama Universitas Semarang yang dibuka 9 Januari 1957. Kemudian 9 Januari 1960, kampus ini berubah menjadi universitas negeri dengan nama Universitas Diponegoro. Saat ini, Undip memiliki 11 fakultas, program pascasarjana, dan sekolah vokasi.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia

Kampus yang berpusat di Jalan Dr. Setiabudhi, Bandung, ini sudah mengalami beberapa kali pergantian nama, yaitu Perguruan Tinggi Pendidikan Guru/PTPG (20 Oktober 1954), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berintegrasi dengan Universitas Padjadjaran/FKIP UNPAD (25 November 1958), Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan/IKIP (1 Mei 1963), dan Universitas Pendidikan Indonesia/UPI (7 Oktober 1999).

Selain di Jalan Dr. Setiabudhi, kampus ini juga berada di daerah Cibiru, Bandung; Purwakarta; Serang, Banten; Sumedang; dan Tasikmalaya. Saat ini, UPI memiliki 8 fakultas dan program pascasarjana.    

  1. Universitas Negeri Yogyakarta

Kampus yang didirikan 21 Mei 1964 ini awalnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta (IKIP Yogyakarta). Saat ini, UNY memiliki 4 kampus dengan 7 fakultas, program pendidikan profesi, dan program pascasarjana.

  1. Universitas Brawijaya

Sebelum berstatus negeri, Universitas Brawijaya yang berdiri 5 Januari 1963 adalah sebuah universitas swasta yang berada di Kota Malang. Saat ini, UB memiliki 16 fakultas, program pascasarjana, dan program vokasi.

  1. Universitas Airlangga

Di peringkat ketujuh, kampus terbaik di Indonesia 2021 versi uniRank ditempati oleh Universitas Airlangga. Kampus yang berada di Surabaya ini berdiri 10 November 1954, bertepatan dengan Hari Pahlawan, dan memiliki 13 fakultas, program pascasarjana, dan program vokasi.

  1. Universitas Sebelas Maret

Dengan dibacakannya Keputusan Presiden RI tentang Pembukaan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret pada 11 Maret 1976, pukul 10.00, Universitas Sebelas Maret resmi didirikan. Saat ini, UNS memiliki 11 fakultas, program pascasarjana, dan program vokasi. 

  1. Institut Pertanian Bogor

Awalnya, Institut Pertanian Bogor yang didirikan 1 September 1963 adalah sebuah Fakultas Pertanian di Universitas Indonesia. Selain berpusat di Jalan Raya Dramaga, IPB juga memiliki kampus lain di 4 daerah di Bogor, yaitu di Baranangsiang, Cilibende, Gunung Gede, dan Taman Kencana, dengan 9 fakultas, program pascasarjana, program vokasi, dan sekolah bisnis.    

  1. Universitas Lampung

Kampus yang didirikan 23 September 1965 ini adalah kampus tertua dan berstatus negeri pertama di Provinsi Lampung. Saat ini, kampus yang berada di Kota Bandar Lampung ini memiliki 8 fakultas, program pascasarjana, dan program vokasi.

Itulan 10 kampus terbaik di Indonesia 2021 versi uniRank. Jika ingin melanjutkan pendidikan ke salah satu kampus di atas, alangkah baiknya Anda mempersiapkan diri dan segala sesuatunya dengan matang. 

Leave a comment

All comments are moderated before being published