Jangan Salah, Ini Cara Memilih Loose Leaf yang Baik dan Tepat?

Saat ini, banyak pelajar atau pekerja kantoran yang lebih memilih menggunakan loose leaf untuk mencatat dibandingkan dengan menggunakan buku tulis. Hal ini dikarenakan penggunaan loose leaf lebih praktis dan lebih mudah diisi ulang saat sudah habis terpakai sehingga Anda tidak perlu mengganti binder dengan yang baru.

Loose leaf adalah lembaran kertas yang memiliki beberapa lubang di bagian tepinya untuk memudahkan Anda memasukkannya ke dalam binder. Selain itu, lubang-lubang ini juga yang membedakannya dengan buku tulis.

Meskipun di pasaran cukup banyak, Anda tetap harus memilih loose leaf yang baik dan tepat. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada kenyamanan saat mencatat.

Cara Memilih Loose Leaf yang Baik dan Tepat

Memilih loose leaf yang baik dan tepat sering dianggap tidak penting. Padahal, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda saat mencatat. Lalu, bagaimana memilih loose leaf yang baik dan tepat?

 

1. Pilihlah Loose Leaf dengan Lubang yang Tidak Mengganggu

    Saat mencatat sesuatu, tidak jarang Anda merasa terganggu dengan lubang yang ada di tepi loose leaf dan ring pada binder. Agar lebih nyaman, Anda sebaiknya memilih loose leaf dengan lubang yang tidak mengganggu.

     

    2.Pilihlah Loose Leaf dengan Ukuran yang Tepat

      Jika merasa cukup mencatat poin-poin penting, Anda sebaiknya memilih ukuran loose leaf yang kecil. Tetapi jika harus mencatat berbagai hal penting secara detail, Anda sebaiknya memilih ukuran loose leaf yang besar. Berikut adalah beberapa ukuran loose leaf di pasaran yang umum digunakan.

      • Ukuran A4

      Loose leaf A4 memiliki ukuran 29,7 cm x 21 cm dengan lubang bervariasi, bergantung pada mereknya, seperti 9 lubang atau 30 lubang. 

      • Ukuran A5

      Loose leaf A5 memiliki ukuran 21 cm x 14,8 cm dengan 6 lubang, 20 lubang

      • Ukuran A6

      Loose leaf A6 memiliki ukuran 14,8 cm x 10,5 cm dengan 6 lubang. 

      • Ukuran A7

      Loose leaf A7 memiliki ukuran 10 cm x 7,4 cm dengan lubang kurang dari 6. Ukuran ini sering disebut juga dengan memo yang dapat dimasukkan ke dalam saku sehingga mudah dibawa ke mana saja. 

      • Ukuran B5

      Loose leaf B5 memiliki ukuran 25 cm x 17,6 cm dengan 26 lubang.

       

      3. Pilihlah Loose Leaf yang Sesuai dengan Berat Binder dan Jumlah Kertas

        Jika Anda ingin menyimpan binder di suatu tempat, pilihlah loose leaf berukuran besar dengan lubang dan jumlah kertas yang banyak. Tetapi jika Anda ingin membawa binder ke mana saja, pilihlah loose leaf berukuran kecil dengan lubang dan jumlah kertas yang sedikit. 

         

        4. Pilihlah Loose Leaf yang Sesuai dengan Kebutuhan

          Sebelum memutuskan untuk menggunakan loose leaf, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhannya. Apakah loose leaf di dalam binder akan Anda simpan di suatu tempat atau akan dibawa ke mana saja. Hal ini juga akan berpengaruh pada ukuran loose leaf yang Anda pilih.

          Selain dari segi loose leaf, Anda juga harus memerhatikan pemilihan binder-nya. Pilihlah binder dengan ring yang memiliki daya tahan tinggi sehingga tidak mudah rusak. Selain itu, pilih juga binder yang mudah dibuka dan ditutup sehingga tidak akan menyulitkan Anda saat harus mengisi ulang loose leaf.

          Itulah cara memilih loose leaf yang baik dan tepat sehingga Anda akan merasa lebih nyaman saat mencatat. Selamat mencoba!

          Cara memilih loose leafMemilih loose leafUkuran loose leaf

          Leave a comment

          All comments are moderated before being published