Kenali Jenis dan Perbedaan Agenda dan Block Note agar Tak Salah Pilih

Saat membeli catatan kecil, ada banyak bentuk yang mungkin membuatmu bingung. Sebut saja block note dan Agenda. Kamu mungkin berpikir kalau keduanya sama-sama catatan. Apa bedanya sih? Sama-sama buku catatan saja jadi masalah.

Salah membedakan keduanya bisa menjadi masalah saat memasuki dunia kerja. Bagaimana kalau manajermu meminta untuk membeli agenda untuk meeting? Bisa mati gaya kalau kamu salah beli block note. Yuk, simak perbedannya supaya tidak sampai salah.

Perbedaan Fungsi antara Keduanya

Yang membedakan diantara keduanya ada pada fungsinya.

  • Agenda Digunakan untuk Jurnal dan Jadwal Meeting

Fungsi agenda biasanya digunakan untuk mencatat jurnal harian. Selain itu, agenda juga dimanfaatkan sebagai pencatatan jadwal meeting. Seperti yang kita tahu, agenda mempunyai format jadwal harian, waktu dan pengingat acara. Agenda digunakan pada saat acara meeting di kantor.

  • Block Note Digunakan untuk Membuat Catatan-catatan Kecil

Berbeda dengan agenda yang memiliki format hari dan pengingat jadwal, block note tidak memiliki pengingat apa pun. Layaknya buku notes biasa, kamu bisa mencatat apapun. Block note biasanya digunakan untuk mencatat kegiatan seminar.

Perbedaan Secara Teknis

Selain perbedaan fungsi, buku agenda dan block note juga memiliki perbedaan secara teknis.

  • Agenda Tidak Memiliki Kunci Gembok

Fungsi dan sifat isi buku agenda tidak ada unsur rahasia. Ini karena informasi buku agenda berisikan hal yang umum seperti kegiatan acara, meeting dan program kerja saja. Supaya tidak ribet membuka kunci dahulu, agenda memang dikemas fleksibel dan praktis.

  • Block Note Biasanya Memiliki Tali atau Gembok

Block note terkadang bersisikan catatan penting bahkan catatan pribadi. Jika difungsikan sebagai buku diary atau catatan pribadi, pilih block note yang memiliki gembok. Berbeda dengan agenda, block note lebih bersifat rahasia.

Perbedaan Bentuk Binding dan Bahan Cover

Tidak cukup hanya melihat fungsi dan bentuk teknis saja, letak perbedaan buku agenda dan block note ada dibentuk binding dan cover.

  • Bentuk Binding dan Cover Buku Agenda Lebih Formal

Buku agenda dikemas dengan lebih formal dan elegan. Binding buku agenda biasanya terbuat dari besi. Sedangkan cover buku agenda dibuat dari kulit sintetis. Terkadang disediakan khusus untuk meletakkan alat tulis. Buku agenda memang digunakan untuk pekerjaan kantor.

  • Bentuk Binding dan Cover Block Note Lebih Sederhana

Block note dibuat dengan desain lebih sederhana. Ini karena block note digunakan untuk kegiatan sehari-hari atau seminar kampus. Binding block note biasanya dibuat dari bahan plastik dengan jenis spiral. Cover block note bisanya berbahan kertas. Ada juga yang berbahan plastik untuk block note hard cover.

Namun, beberapa toko stationery online seperti bukuqu.com juga menyediakan block note yang sangat elegan. Bahkan, kamu bisa memilihnya dengan motif yang bermacam-macam mulai dari tema maps, classic, dan masih banyak lagi.

Lalu, Apa Perbedaan antara Block Note dan Notebook?

Meskipun block note dan notebook memiliki bentuk yang hampir sama, bentuk keduanya memiliki sedikit perbedaan. Beberapa orang berpendapat kalau block note memiliki isi kertas dengan motif polos. Sedangkan notebook memiliki isi kertas motif bergaris.

Namun, zaman sudah berubah. Banyak notebook yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Berbagai cover notebook lucu-lucu bisa kamu temui mulai model floral, animal, korean style, quotes dan lain-lainnya. Kamu bisa mencari model notebook pada website yang sudah disebutkan sebelumnya.

Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaannya buku agenda dan block note? Jangan sampai salah pilih ya.

AgendaBlock noteBuku agenda

Leave a comment

All comments are moderated before being published