Mengenal Jaringan 5G Dengan Segala Kelebihannya

Perkembangan dunia internet sudah sangat pesat. Salah satu berita yang ramai berkembang saat ini adalah tentang perkembangan teknologi 5G yang digadang-gadang mampu meningkatkan konektifitas 100 kali lipat lebih baik dibandingkan dengan jaringan 4G. Peningkatan konektifitas dan transmisi pada jaringan generasi kelima ini akan banyak memberi manfaat pada masyarakat.

Bedanya Teknologi 5G dan 4D

Kedua teknologi ini nampaknya sama saja. Tapi jika dilihat lebih jauh, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dilihat dari kecepatannya, teknologi 5D memiliki kecepatan 10 Gbps. Berbeda jauh dengan jaringan 4G yang hanya memiliki kecepatan 50 Mbps.

Begitu pula dengan latensinya. Latensi jenis URLLC atau ultra-reliable, low-latency connection yang ada pada teknologi 4G akan berkurang pada teknologi 5D. Sehingga pengunduhan yang dilakukan akan lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 4D.

Berbagai Kelebihan Jaringan 5D

Setelah mengetahui perbedaan antara teknologi 4D dengan 5D, berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan teknologi generasi kelima ini.

  • Latensi yang Lebih Rendah

Yang dinamakan latensi adalah rentang waktu yang diperlukan untuk mengirim data dari perangkat pengirim ke perangkat penerima. Semakin tinggi latensi pada jaringan, maka akan semakin lama waktu yang diperlukan untuk mengirim atau memindah data.

Teknologi generasi kelima ini memiliki latensi yang lebih rendah dibandingkan dengan generasi keempat. Hanya membutuhkan waktu kurang dari limamili detik saja. Teknologi ini memungkinkan untuk menjalankan perangkat jarak jauh secara real-time. Karena memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan proses visualisasi pada manusia.

  • Konektifitas Internet Lebih Cepat

Dengan peningkatan kecepatan konektifitas hingga 100 kali lipat dibandingkan teknologi 4G, membuat teknologi 5G memiliki konektifitas Internet yang lebih cepat. Sehingga memungkinkan segala aktifitas yang berhubungan dengan internet berlangsung lebih cepat.

  • Mampu Mengendalikan Drone

Salah satu kelebihan yang diberikan oleh teknologi 5G adalah kemampuannya untuk mengendalikan pesawat kecil tanpa awak. Atau yang biasa disebut sebagai drone. Drone ini bisa dijadikan alat untuk mempermudah berbagai pekerjaan. Seperti militer, pemetaan serta pertanian.

Para petani bisa menggunakan drone untuk memantau lahan pertaniannya dari jarak jauh. Bidang militer juga bisa menggunakan drone untuk memantau daerah perbatasan atau kawasan musuh tanpa diketahui banyak orang. Semua aktifitas ini bisa lancar dengan kehadiran jaringan 5G.

  • Meningkatkan Teknologi VR

Bagi kamu penyuka game virtual reality, berterima kasih lah pada perkembangan generasi teknologi kelima ini. Pasalnya, dengan latensi rendah dan konektifitas yang tinggi membuat kamu bisa menikmati game VR dengan lebih nyaman dan menyenangkan tanpa harus ada gangguan lag.

  • Mobil Tanpa Mengemudi

Setelah teknologi 5G mampu menggerakkan pesawat kecil tanpa awak atau drone, teknologi ini juga memungkinkan untuk menggerakkan mobil tanpa pengemudi. Karena teknologi konektifitas super cepat sangat diperlukan untuk pemrosesan data yang banyak. Sehingga mampu menirukan waktu refleks, seperti layaknya manusia ketika mengemudi.

  • Kecepatan Transmisi yang Lebih Baik

Jika dulu kamu sering dikeluhkan lamanya transmisi saat akan mendownload file, dengan bantuan teknologi 5G hal itu tidak perlu terjadi lagi. Mengunduh file video yang besar sekalipun hanya diperlukan waktu yang sangat singkat. Hal ini pula yang membuat pengguna tidak perlu memasang banyak prosesor dalam jumlah yang besar. Karena bisa menggunakan cloud sebagai media penyimpanan.

Masih memiliki kelebihan teknologi lain? Cobalah untuk mencatat segala perkembangan teknologi ini pada notebook yang rapi. Agar ketika sewaktu-waktu dibutuhkan, kamu bisa membuka catatan tentang perkembangan teknologi ini dengan mudah. Kalau membutuhkan planner book dan lain sebagainya, bisa kunjungi http://bukuqu.com/. Dan temukan berbagai kebutuhan buku catatan dengan ragam pilihan yang memuaskan.

Leave a comment

All comments are moderated before being published