Meskipun Pengangguran, Kamu Bisa Buat Rancangan Agenda Ini

Status pengangguran bukan alasan untuk tidak melakukan apa-apa. Kamu bisa membuat jadwal yang lebih bermanfaat. Selagi kamu masih memiliki waktu, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan. Kegiatan ini bisa kamu tulis agar tidak menganggur.

1 Membuat Jadwal Perencanaan dengan Disiplin

Buatlah kegiatan secara teratur. Kamu bisa buat jadwal kegiatan mulai bangun pagi sampai selesai. Jadwal bisa ditulis melalui beberapa media seperti buku agenda. Kamu bisa membeli beberapa buku agenda menarik melalui bukuqu.com.

Selain itu, kamu bisa membuat agenda melalui aplikasi online. Pastikan kalau agenda yang kamu buat sederhana dan mudah dilakukan. Beri alarm pengingat untuk mengawali hari-harimu.

2 Sempatkan Jadwal Tertentu untuk Melakukan Ibadah

Bagi kamu yang beragama Islam, kamu bisa susun ibadahmu secara rutin. Tetapkan waktu ibadah secara tepat baik sholat wajib dan sholat sunnah lainnya.

Bagi kamu yang beragama selain muslim, kamu bisa melakukan ibadah rutin sesuai kepercayaan masing-masing. Yakinkan bahwa doa juga menjadi kunci kesuksesan. Dari doa, kamu juga akan terlepas dari status pengangguran.

3 Lakukan Olahraga di Pagi Hari

Manfaatkan waktu luangmu semaksimal mungkin. Jangan hanya berfokus mencari karir. Kamu harus fokuskan kesehatanmu juga. Jika tubuhmu sehat, kamu akan semangat menjalankan aktivitas.

Kesehatan mental juga dibutuhkan. Salah satu caranya ialah dengan melakukan yoga. Buang segala pikiran negatifmu. Jangan terlalu memikirkan perkataan orang lain tentang status pengangguranmu.

4 Isi Kegiatan Sesuai dengan Hobi

Jangan terlalu galau karena susah mencari kerja. Kamu bisa lakukan kegiatan sesuai dengan hobi. Mulailah bereksperimen, misalnya menulis novel, menggambar, bercocok tanam atau menciptakan musik.

Tanamkan pada dirimu bahwa kamu punya potensi. Tak ada manusia gagal di dunia ini kecuali kamu mencoba terus. Melakukan hobi secara rutin bisa membuka jalan suksesmu.

5 Mengikuti Komunitas yang Positif

Mengikuti komunitas yang memberi dampak positif. Ada banyak komunitas tetapi pilih komunitas yang tepat. Pastikan komunitas tersebut memiliki visi yang bagus. Komunitas yang dipilih seharusnya memiliki prinsip yang tidak melanggar hukum dan agama.

Komunitas yang bisa kamu ikuti seperti komunitas mengajar, mendongeng, menulis atau kegiatan lain. Tidak hanya memberi dampak positif, kamu dapat menemukan banyak relasi. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh peluang kerja yang lain.

6 Memulai Bisnis Kecil-kecilan

Siapa bilang pengangguran tidak dapat mencari uang? Kamu bisa melakukan bisnis kecil-kecilan. Bahkan, bisnis tanpa modal bisa dilakukan di era digital, salah satu contohnya melakukan dropship.

Bisnis tidak hanya produk saja ya! Kamu bisa membuka jasa les privat. Tidak hanya itu saja, kamu bisa membuka jasa desain, reparasi sepatu, dan jasa lain sesuai keahlianmu. Selagi bisnis berjalan, kamu bisa mengikuti pelatihan gratis pada platform tertentu.

7 Membuat Konten-konten yang Positif dan Menyenangkan

Semua bisa kamu lakukan dengan mudah di era saat ini. Buatlah konten-konten seru dan positif. Buatlah konten yang bermanfaat bagi orang lain, seperti tips membuat makanan, minuman, cara membedakan sesuatu, unboxing dan review tempat.

Konten tidak harus berbentuk video. Kamu bisa menulisnya dalam bentuk blog dan website. Daftarkan akunmu ke dalam Google Adsense. Jika lolos, kamu bakal dapat cuan.

Pengangguran bukan berarti seseorang yang belum mendapatkan pekerjaan saja. Selama kamu menciptakan kegiatan dan pekerjaanmu sendiri, istilah pengangguran sudah tidak berlaku lagi bagimu. Jadi, jangan berkecil hati. Abaikan nyinyiran orang lain. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan dengan caramu sendiri.

Oleh karena itu, isi kegiatan waktumu berupa rancangan agenda.

AgendaPengangguran

Leave a comment

All comments are moderated before being published