Pilih Ukuran Daily Planner yang Pas supaya Semakin Semangat Mencatat!

Membuat Daily Planner yang rapi dan terperinci akan membantu Anda mengingat hal-hal yang harus dikerjakan dan menjadi skala prioritas. Saat ini, banyak Daily Planner di pasaran dengan ukuran, penjilidan, jenis kertas isi, harga, format, cover, dan bahan yang bervariasi. Selain itu, desain dan layout-nya juga sangat menarik sehingga membuat banyak orang ingin memilikinya.

Berbicara mengenai ukuran, Daily Planner memiliki ukuran yang bervariasi. Mulai dari ukuran yang kecil dan praktis hingga ukuran yang besar. Semua ukuran Daily Planner tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan mencatat Anda.

Ukuran Daily Planner

Saat memilih Daily Planner, alangkah baiknya Anda memilih yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan sehingga lebih nyaman dan semakin semangat mencatat. Berikut adalah beberapa ukuran Daily Planner yang umum digunakan.

  1. Ukuran A6

Jika Anda lebih suka mencatat poin-poin penting dan mementingkan kepraktisan, Daily Planner ukuran A6 (148 mm x 105 mm) dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, ukuran ini juga lebih mudah dibawa ke mana saja, bahkan dapat dimasukkan ke dalam saku. Dengan ukurannya yang minimalis, Daily Planner ukuran A6 dapat digunakan sebagai pengganti memo. 

  1. Ukuran A5 atau B6

Untuk mendapatkan Daily Planner ukuran A5 (210 mm x 148 mm) atau B6 (182 mm x 128 mm) tidaklah sulit karena banyak dijual di pasaran. Kemudahan untuk dibawa ke mana saja dan kenyamanan untuk mencatat, menjadi nilai lebih dari ukuran Daily Planner ini. Selain itu, desainnya yang bervariasi juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak orang yang ingin memilikinya. 

  1. Ukuran A4 atau B5

Jika Anda adalah seorang pengusaha yang sering menempelkan catatan-catatan penting atau memiliki banyak informasi yang harus dicatat, menggunakan Daily Planner ukuran A4 (297 mm x 210 mm) atau B5 (257 mm x 182 mm) sangatlah tepat. Kedua ukuran ini sama seperti ukuran buku tulis biasa yang memiliki halaman cukup besar. Dengan begitu, Anda dapat mencatat semua informasi penting di dalamnya dan mudah dibaca.

Jenis Penjilidan Daily Planner

Apapun ukuran Daily Planner yang digunakan, Anda harus memerhatikan jenis penjilidannya agar tahan lama. Dengan begitu, Anda tidak perlu sering mengganti Daily Planner dikarenakan penjilidannya yang rusak atau bermasalah. Umumnya, jenis penjilidan Daily Planner yang digunakan adalah sebagai berikut.

  1. Jahit Benang

Jahit benang menjadi jenis penjilidan yang banyak digunakan karena tidak mudah rusak dan tahan lama. Benang akan dijahitkan di punggung kertas yang dilipat sehingga menjadi beberapa bagian. Kemudian, bagian-bagian tersebut akan direkatkan ke bagian cover.

  1. Lem Punggung

Untuk Daily Planner yang tebal, jenis penjilidan dengan lem punggung menjadi pilihan yang sangat tepat. Dengan lem khusus, perekatan kertas akan lebih kuat.

  1. Spiral

Dengan penjilidan spiral, Daily Planner yang Anda gunakan dapat dibuka 360 derajat sehingga tidak akan menekuk bagian cover, terlihat lebih indah, lebih praktis, dan lebih fleksibel. 

  1. Staples

Jika Anda ingin membuat catatan di dalam Daily Planner yang tipis, penggunaan jilid staples menjadi pilihan yang tepat. Dengan penjilidan jenis ini, Daily Planner Anda lebih hemat biaya dan akan terlihat lebih sederhana.

Meskipun ukuran Daily Planner bervariasi, Anda tetap harus memilih ukuran yang pas sehingga lebih nyaman dan semakin semangat mencatat.

Cara mendapatkan daily plannerKenapa harus pakai daily plannerMemilih daily plannerMemilih ukuran daily plannerUkuran daily planner

Leave a comment

All comments are moderated before being published