Raih Kesueksesan di Luar Negeri, Motivasi Para WNI Ini Bisa Anda Tiru

Tidak selamanya WNI mengalami nasib buruk dan naas di luar negeri. Selain itu, penggambaran WNI yang bekerja di luar negeri tidak semuanya menjadi korban penindasan majikan atau kekerasan lainnya. Bahkan, ada beberapa WNI yang mampu meraih kesuksesan saat bekerja di luar negeri.

Andri Suprayitno – Mulai Jadi Tukang Becak Sampai Owner Agen Wisata di New York

Sejak menetap di New York, Amerika Serikat ia bekerja sebagai pedicab wheels di wilayah Central Park. Tidak mudah untuk mendapatkan visa di Amerika. Selepas lulus kuliah dari STP-NHI bandung, ia memulai karirnya sebagai housekeeper dengan gaji 3,50 U.S Dollar per jam nya. Di lain waktu, ia juga menyempatkan diri bekerja sebagai waiter. Setahun kemudian, ia kemudian mengambil pekerjaan sampingan sebagai penarik becak.

Dari hasil kerja kerasnya itu, ia mendirikan agen wisata dengan modal 3.000 U.S Dollar saja. Modal tersebut digunakan sebagai uang muka mengurus pembuatan perusahaan di Amerika Serikat. Saat ini, agen perjalanannya sukses dengan menggaet klien dari beberapa kalangan mulai dari wisatawan biasa, tamu konsulat, sutradara sampai mengantar menteri ke Amerika Serikat.

Alicia Meinar – Membangun Bisnis Kuliner Nusantara di Australia

Bisnis yang digeluti Alicia di Brisbane Australia diawali dari hobi. Dengan ide dan hobinya tersebut, Alicia mampu mengembangkan Warung Sendok Garpu di Australia. Tema kuliner yang diangkat oleh wanita alumni Universitas Indonesia ini adalah Authentic Indonesian Food.

Suasana warung juga dibentuk dengan konsep Indonesia. Lagu-lagu tradisional mengiringi suasana warung dengan para waiter yang mengenakan pakain kabaya. Menu-menu yang disajikan pun menggunakan Bahasa Indonesia dengan translate Bahasa Inggris di bawahnya. Bahkan, ketika Presiden Jokowi berkunjung ke Indonesia, Alice diberi kesempatan untuk menyuguhkan masakan Indonesia.

Pencipta Mobil Listrik di Kyoto Jepang – Ricky Elson

Prestasi WNI masih saja bergemilang, salah satu contohnya adalah Ricky Elson. Ia telah berhasil membuat mobil listrik. Selain itu, lelaki yang tinggal di Ciheras ini menjabat sebagai Kepala Divisi Penelitian dan pengembangan generator NIDEC Corporation serta teknologi permanent magnet motor di Kyoto, Jepang.

Mobil hasil rancangan Ricky akan dikembangkan di Indonesia. Bapak Dahlan Iskan selaku Mantan Menteri BUMN dulu sempat menahan pemuda berprestasi ini agar tidak kembali ke Jepang. Namun, jika belum ada kepastian, Ricky diperbolehkan kembali lagi. Menurut Ricky, gaji yang ditawarkan oleh Indonesia kecil dan merasa tidak dihargai seperti di Jepang.

Motivasi yang Bisa Anda Ambil dari Kesuksesan WNI di Luar Negeri

Dari beberapa WNI yang mampu meraih kesuksesannya di luar negeri, ada beberapa hal yang perlu Anda tiru agar mampu go Internasional, diantaranya:

  • Memiliki Tekad yang Kuat

Anda perlu memiliki jiwa dan tekad kuat. Maksudnya, Anda perlu berani mengambil risiko dengan batasan yang wajar. Jika Anda ingin menjadi WNI sukses di luar negeri, Anda harus siap berkorban. Tidak hanya modal ke luar negeri saja, tetapi juga mental dan pergi dari keluarga untuk sementara waktu.

  • Memiliki Ide Unik yang Tidak Ada di Luar Negeri

Seperti yang dilakukan Alice saat menjalankan bisnis kuliner Indonesia di Australia, Anda juga perlu memiliki ide unik. Misalnya saja membuat kerajinan tangan Indonesia di luar negeri.

  • Mau Bekerja Keras

Tidak semua keberhasilan didapatkan secara instan seperti yang dilakukan Andri Suprayitno saat menjadi tukang becak di Australia. Jika ingin mendapatkan modal usaha di luar negeri, Anda harus bekerja mulai dari nol seperti menjadi pelayan atau buruh pabrik. Tidak hanya modal materi, anda juga perlu mencari relasi dan modal pengalaman.

Nah, dengan kesuksesan WNI di luar negeri seperti contoh di atas, apa Anda ingin mengikuti jejak mereka?

Cara menjadi suksesKesueksesanMotivasiOrang sukses

Leave a comment

All comments are moderated before being published