Sudah Tahukah Apa Perbedaan Planner dengan Bullet Journal?

Banyaknya kegiatan yang harus dilakukan sering membuat Anda lupa dan kesulitan menentukan skala prioritas. Karenanya, Anda harus membuat catatan yang rinci dengan menggunakan sarana pencatatan, seperti Planner atau Bullet Journal. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai perbedaan Planner dengan Bullet Journal, termasuk pengertian, jenis, dan kelebihannya.   

Pengertian, Jenis, dan Kelebihan Planner

Planner atau agenda adalah sarana pencatatan yang sudah tercetak dan tidak dapat diubah sesuai dengan keinginan. Jika menggunakan sarana pencatatan ini, Anda dapat langsung mengisinya tanpa harus membuat layout-nya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, di dalam Planner sudah ada bagian-bagian untuk pencatatan harian, mingguan, bulanan, tahunan, dan pencatatan lainnya.

Ada beberapa jenis Planner yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pencatatan, di antaranya:

  • Custom Planner

Saat ini, banyak toko alat tulis yang menjual Custom Planner dengan desain menarik. Jika menggunakan jenis pencatatan ini, Anda akan menemukan halaman kosong yang dapat digunakan untuk membuat Bullet Journal sesuai dengan keinginan. 

  • Fix Planner

Fix Planner memiliki desain dengan template yang tidak dapat diubah. Maka tidak heran, harga jualnya cukup mahal.

  • Printable Planner

Untuk Anda yang ingin melakukan pencatatan dengan budget terbatas, Printable Planner dapat menjadi solusi yang tepat. Cukup bermodalkan printer dan laptop atau komputer, Anda dapat mencetak Planner yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Setelah mengetahui pengertian dan jenisnya, berikut adalah kelebihan Planner yang harus Anda ketahui.

  • Anda tidak perlu membuat layout karena sudah tersedia.
  • Memiliki desain menarik sehingga terkesan profesional.
  • Sangat cocok untuk Anda yang memiliki kegiatan sangat padat.

Pengertian, Jenis, dan Kelebihan Bullet Journal

Selain Planner, Anda juga dapat menggunakan Bullet Journal atau Bujo untuk membuat pencatatan. Bullet Journal adalah sarana pencatatan yang dapat dibuat sesuai dengan keinginan Anda.

Ada beberapa jenis Bullet Journal yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pencatatan, di antaranya:

  • Artsy Bullet Journal

Artsy Bullet Journal menjadi jenis pencatatan yang sedang tren karena memiliki lima unsur, seperti color code, doodle, layout yang menarik, lettering, dan ilustrasi. Meskipun demikian, Anda tetap dapat membuat Bullet Journal yang sesuai dengan keinginan tanpa harus memasukkan kelima unsur tersebut.

  • Basic Bullet Journal

Jenis Bullet Journal ini sangat cocok untuk pemula karena layout dan tekniknya sangat sederhana. Jenis pencatatan ini hanya terdiri atas key bullet (simbol-simbol yang digunakan sebagai pengganti deskripsi kegiatan) dan tulisan. 

  • Minimalist Bullet Journal

Meskipun hampir sama dengan Basic Bullet Journal, Minimalist Bullet Journal memiliki hiasan yang artsy, tetapi sederhana. Warna hiasannya pun cenderung hitam dan putih atau monokrom. 

  • Scrapbooking Bullet Journal

Meskipun hampir sama dengan Artsy Bullet Journal, Anda dapat memperindah estetika dan layout Scrapbooking Bullet Journal dengan bunga kering, gambar tempel, foto, atau kertas warna-warni.

Setelah mengetahui pengertian dan jenisnya, berikut adalah kelebihan Bullet Journal yang harus Anda ketahui.    

  1. Anda dapat lebih berkreasi karena halaman yang tersedia disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki kegiatan fleksibel.

Perbedaan Planner dengan Bullet Journal

Planner dan Bullet Journal memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Adapun perbedaan Planner dengan Bullet Journal adalah sebagai berikut.

  1. Waktu

Jika Anda memiliki kegiatan dan waktu yang sangat padat, Planner lebih cocok digunakan. Tetapi jika Anda memiliki kegiatan dan waktu yang fleksibel, Bullet Journal lebih cocok digunakan. 

  1. Harga

Harga Bullet Journal jauh lebih murah dibandingkan dengan Planner. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah buku dan alat-alat tulis yang ingin digunakan. 

  1. Halaman

Dibandingkan dengan Planner, halaman Bullet Journal dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan dapat diperbarui.

Itulah perbedaan Planner dengan Bullet Journal, termasuk pengertian, jenis, dan kelebihannya. Jadi, sarana pencatatan mana yang akan Anda gunakan? (Win-Ga)

Kelebihan bullet journalKelebihan plannerPerbedaan planner dengan bullet journal

Leave a comment

All comments are moderated before being published