Ternyata, Membuat Jurnal Ilmiah yang Baik dan Benar Sangatlah Mudah

Untuk kalangan akademisi, seperti dosen atau guru, membuat jurnal ilmiah menjadi salah satu syarat utama kebutuhan penelitian, kenaikan pangkat, bahkan penilaian kinerja. Tetapi sayangnya, tidak semua kalangan akademisi dapat membuat jurnal ilmiah yang baik dan benar.

Pembuatan jurnal ilmiah ini tidak dapat dilepaskan dari beberapa kaidah, bergantung pada kebijakan yang berlaku pada penerbit yang bersangkutan.

Sudah Tahu Apa Itu Jurnal Ilmiah?

Jurnal ilmiah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang umumnya terdiri atas 6-8 halaman, yang diterbitkan dalam jangka waktu tertentu (seperti 4 bulan sekali atau 1 tahun sekali) dengan isi pembahasan yang padat dan cukup luas, serta setiap kalimatnya mengandung ilmu pengetahuan. Saat membuat jurnal ilmiah, Anda tidak diharuskan selalu membuat laporan penelitian. Anda juga dapat membuat jurnal ilmiah berupa review literatur.

Adapun tujuan pembuatan jurnal ilmiah yang baik dan benar adalah sebagai acuan dan rujukan saat melakukan penelitian berikutnya, pengembangan penelitian yang sudah ditulis dan menjadikannya acuan pada penelitian sejenis yang dilakukan oleh para peneliti, serta media pengembangan keilmuan dari penelitian-penelitian yang sudah dilakukan.

Susunan Jurnal Ilmiah yang Baik dan Benar

Saat membuat jurnal ilmiah, ada susunan yang harus Anda ikuti. Adapun susunan jurnal ilmiah yang baik dan benar adalah sebagai berikut.

  1. Judul

Judul pada jurnal ilmiah haruslah jelas agar memudahkan pembaca mengetahui inti dari jurnal yang dibuat, tidak bermakna ganda, tidak lebih dari 10 kata dalam Bahasa Inggris, dan tidak lebih dari 12 kata dalam Bahasa Indonesia. Selain itu, judul juga harus ditulis dengan huruf kapital, dicetak tebal, dan berada di bagian tengah atas halaman.

Jangan lupa juga tuliskan nama penulis dan nama pembimbing beserta alamat rumah dan email serta nama instansi akademisi, seperti nama program studi, fakultas, dan perguruan tinggi.

  1. Abstrak

Abstrak tidak sama dengan ringkasan. Abstrak berasal dari tujuan, metode, hasil, dan simpulan yang dipadatkan. Untuk membuat abstrak, Anda dapat menuliskan poin-poin penting dari setiap bagian jurnal dan menuliskannya menggunakan 1 spasi.

  1. Pendahuluan

Pendahuluan berisi alasan dan tujuan Anda melakukan penelitian, menguraikan masalah-masalah yang akan diteliti, kemudian mengaitkannya dengan teori-teori yang akan digunakan. Di dalam pendahuluan, Anda juga harus menuliskan tujuan penelitian yang dilakukan.

  1. Bahan dan Metode

Untuk bahan dan metode penelitian, Anda harus membuatnya secara jelas dan rinci. Dengan begitu, jurnal ilmiah yang Anda buat akan terlepas dari plagiarisme dan lebih kuat secara akademisi.

  1. Hasil

Pada bagian hasil, Anda harus memberikan data atau informasi yang cukup singkat berupa diagram, gambar, tabel, atau teks yang relevan dengan menambahkan deskripsi singkat di bagian bawahnya.

  1. Pembahasan

Pada bagian ini, Anda dapat membandingkan hasil penelitian yang dilakukan dengan penelitian sebelumnya berdasarkan persamaan dan perbedaan yang didapat. Selain itu, Anda juga dapat membandingkan teori yang digunakan dengan teori sebelumnya.

  1. Simpulan

Di dalam simpulan, Anda harus membuktikan dan menuliskan keterkaitan antara hal-hal yang ada di dalam pendahuluan dengan hasil pembahasan, termasuk kelebihan dan kekurangan metode yang digunakan. Selain itu, Anda juga dapat meminta saran untuk penelitian berikutnya.

  1. Daftar Pustaka

Daftar pustaka ditulis di bagian akhir yang berisi setiap jurnal atau buku yang dijadikan acuan pembuatan jurnal ilmiah.

Cara Menghindari Kesalahan Pembuatan Jurnal Ilmiah

Saat membuat jurnal ilmiah, kesalahan pembuatan kerap terjadi. Untuk meminimalkan, bahkan menghindari, kesalahan, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

  • Berkonsultasi dengan ahlinya.
  • Melakukan pengecekan untuk menghindari plagiarisme.
  • Selalu mencari acuan atau referensi penelitian yang relevan.

Itulah cara membuat jurnal ilmiah yang baik dan benar. Sangat mudah, bukan? Selamat mencoba!

Leave a comment

All comments are moderated before being published