Ternyata Nggak Sulit, Tips Membuat Printable Planner dengan Microsoft Word

Jangan meremehkan kegunaan jadwal kegiatan! Pengaruh jadwal kegiatan sehari-hari sangat positif untuk mewujudkan target tujuan kita. Karena inilah, kita harus membuat list kegiatan dalam format cetak.

Apa itu Printable Planner?

Perlu kita tahu bahwa printable planner adalah desain format kegiatan sehari-hari. Kita bisa membuat dan mendesain format list kegiatan di rumah. Membuat bentuk desain list ini tidaklah sulit. Kita mendesain sendiri dengan program Microsoft Word.

Cara Membuat Printable Planner

Agar kita bisa membuatnya dengan mudah, berikut tips membuat printable planner dengan Microsoft Word yang bisa anda praktikkan. Buka Microsoft Word terlebih dahulu, ikuti cara-cara berikut ini.

  1. Buat Tabel Kegiatan Harian yang Ada pada Menu Word

Untuk membuat tabel, kita bisa klik Insert > klik Tabel > klik Insert Table. Tentukan jumlah kolom dan baris yang kita buat. Misalnya saja tanggal, kegiatan dan kolom list. Ini memudahkan kita untuk mendata kegiatan kita selama sehari apa sudah tercapai atau belum.

  1. Bisa Juga dengan Mendesain Agenda

Supaya jadwal kegiatan lebih tertata dalam satu bulan, kita juga bisa membuat format agenda dari Microsoft Word. Untuk membuat agenda dengan Microsoft Word tidak sulit. Klik File > klik New > klik Format yang anda inginkan misalnya Format Calendar. Dengan begitu, anda bisa membuat kegiatan target of the month beserta list kegiatannya.

  1. Pilih Jenis Font yang Sesuai pada To Do List

Untuk memilih font yang menarik, anda cukup klik home > pilih jenis font, misalnya Calibri, Arial, atau yang lainnya. Jika kita menginginkan font yang lebih berbeda dan unik, kita bisa instal font di website 1001freefonts. Selain itu, kita bisa fungsikan fitur Wordart yang ada pada toolbar. Misalnya tulis dengan nama “To Do List.”

  1. Desain Background Bangun Datar pada Format Project List

Untuk membuat desain template background yang menarik, anda tak perlu susah payah install aplikasi lain. Cukup manfaatkan fitur shape yang ada di Microsoft Word dengan cara klik insert > klik Shape > pilih bentuk yang ada. Berikan warna yang menarik dengan cara klik color. Fungsikan fitur ini saat membuat project hari ini, misalnya ide blog, ide konten atau script yang akan dipost.

  1. Berikan Desain Tepian dan Bingkai

Setelah memberikan background yang bagus, berikan tempat bingkai. Klik page layout > klik Page Borders > kemudian klik Art. Pilih desain bingkai yang sesuai dengan keinginan anda. Kemudian atur bingkai.

  1. Tambahkan Ornamen dan Gambar Lucu pada List Ide yang akan Dibuat Konten atau Tulisan

Untuk membuat ornamen dan gambar, kita juga tidak perlu repot-repot desain dengan aplikasi. Caranya, kita cukup mencari gambar dan ornamen lewat internet. Download gambar dan ornamen yang sudah anda pilih. Lalu, Copy Paste pada dokumen Word. Tempelkan gambar dan ornamen pada format ide list yang akan ditulis misalnya blog atau konten.

  1. Tulis Format Kegiatan yang Tercantum pada Printable Planner

Tips membuat printable planner berikutnya adalah dengan menambahkan beberapa lembar planner mulai dari target of the month, weekly plan, to do list, idealist of what will do, dan terakhir adalah format catatan. Dengan cara ini, kegiatan anda akan teratur.

  1. Atur Format Cetak Sesuai Format Kegiatan

Selanjutnya, tips membuat printable planner terakhir adalah pengaturan cetak dan ornamen. Usahakan setiap format weekly plan, to do list, target of the month dan lainnya berbeda. Supaya kegiatan kita dapat dijalankan secara urut.

Nah, ternyata membuat printable planner tidak sulit bukan? (Widy Chandra)

Apa itu printable plannerJadwal kegiatanMembuat printable planner dengan microsoft wordMendesain agendaTabel kegiatan harianTips membuat printable planner

Leave a comment

All comments are moderated before being published