Tidak Sulit Belajar Menulis Tipografi

Menulis tipografi tidak sesulit apa yang kamu bayangkan. Tipografi merupakan desain bentuk huruf yang digunakan untuk mengajak pembaca agar membeli sesuatu. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memilih jenis tipografi yang pas, sebagai berikut:

Membuat Jenis Tipografi yang Paling Terkenal

Tipografi biasanya dibuat untuk meningkatkan desain website. Cobalah untuk membuat bentuk tipografi yang paling sering ditemui. Tentukan pembuatan tipografi dari beberapa aspek pertimbangan mulai dari anatominya, klasifikasi, spasi dan aspek lainnya.

Salah satu contoh model yang sering dipakai adalah tipografi jenis teenager, painting, futuristik, dan jenis tipografi unik yang lainnya.

Usahakan Memberikan Komunikasi yang Tepat

Jenis tipografi ditentukan oleh jenis komunikasi. Pada siapa komunikasi akan disampaikan dan jenis-jenis tipografi apa saja yang akan ditonjolkan. Minuman segar memiliki jenis tipografi yang unik, seperti bentuk cipratan air atau tulisan dari tekstur buah.

Tipografi terkadang menyampaikan simbol bahasa sesuai target. Usahakan memberikan bahasa yang tepat sesuai dengan jenis usaha dan target pembeli.

Ketahui antara Font dan Tipografi

Apakah tipografi dan font memiliki suatu kesamaan? Inilah yang terkadang menjadi tanda tanya bagi kamu. Tipografi merupakan desain umum dari bentuk tulisan, sedangkan font merupakan bagian dari tipografi itu sendiri.

Sebut saja jenis huruf Gotham, Bodoni, Italic, dan Architecture. Jadi, fonts menjadi satiu kesatuan dari set digital atau fisik. Seperti halnya ada membuat font dengan Open Sans Light.

Tahap Selanjutnya, Memahami Jenis Tipografi

Kamu bisa browsing untuk memahami jenis-jenis tipografi. Ada beberapa jenis tipografi yang mungkin bisa kamu ketahui terlebih dahulu, diantaranya:

  • Slab Serif

Model huruf ini merupakan turunan dari model Serif. Bedanya, model ini lebih memiliki jenis natural. Bentuk huruf ini terlihat lebih ramping dan simple.

  • Baseline

Bentuk tipografi seperti ini tidak melenceng dari garis. Untuk merancangnya dibutuhkan garis semu. Selain itu, karakter huruf ini tergolong klasik dan elegan.

  • Highlight

Tipografi ini dirancang dengan menyesuaikan individu huruf dan spasi. Hampir mirip dengan font italic, jenis huruf ini terkadang memiki unsur berbeda dengan font lainnya.

  • Pelacakan atau Tulisan Mesin Ketik

Tipografi jenis ini sangat cocok untuk mempromosikan jenis produk di bidang fashion. Teks kuno yang dibuat ini bisa menjadi daya tarik bagi pembeli yang suka dengan model klasik khsususnya pembeli pria.

Penekanan Hierarki Pada Tipografi

Step selanjutnya adalah memberikan penekanan atau Hierarki. Apa yang menjadi daya tarik dari tipografi yang kamu buat? Itu menjadi faktor penting dalam membentuk sebuah brand produk.

Memberikan visual yang mencolok agar pembeli tahu produk yang dijual. Kamu bisa memberikan penekanan slogan pada tipografi yang sudah dirancang.

Penentuan Warna pada Pemasangan Tipografi

Berikan warna yang cocok antara latar belakang dan warna tipografimu sendiri. Pilihlah warna yang tidak membosankan. Selain itu, kamu juga perlu tahu sifat-sifat dari warna. Misalnya warna merah untuk brand makanan, oranye untuk minuman, biru untuk perusahaan jasa dan hijau untuk jasa yang berhubungan dengan kebersihan dan keagamaan.

Penentuan Tipografi di Akhir Tahap

Tak ada hukum atau paksaan tipografi jenis apa yang kamu buat. Namun, kamu harus memeriksanya lagi apakah tipografimu sudah cocok atau belum dengan produk yang kamu buat. Selain itu, kamu juga perlu mengubah jenis tipografi yang kurang cocok dengan produkmu.

Bagaimana? Sudah paham tahapannya? Kamu minat belajar tipografi dari sekarang. Ada banyak contoh tipografi yang bisa kamu lihat pada produk www.bukuqu.com.

FontJenis fontTipografiTypografi

Leave a comment

All comments are moderated before being published