Tips Memilih Jenis Kertas untuk Binder agar Urusan Tugasmu Lancar

Bingung memilih kertas binder yang mana? Padahal uangmu juga dibutuhkan untuk keperluan lainnya seperti cetak makalah, jurnal dan fotokopi tugas kampus kan? Lalu, gimana ya biar nggak boros membeli kertas binder? Semua jawaban bakal kamu temui di informasi ini.

Pikirkan Tujuan Kebutuhanmu Terlebih Dahulu

Tips memilih jenis kertas untuk binder yang pertama adalah memikirkan keperluannya terlebih dahulu. Sifat penggunaan binder memang dirancang secara personal untuk pembeli. Tujuan binder digunakan berdasarkan beberapa aspek mulai dari tujuan, lokasi penggunaan, jumlah kertas dan lokasi penggunaannya.

Pada umumnya, binder dibagi menjadi dua jenis antara lain memberikan kemudahan saat dibawa dan kepraktisan saat disimpan.

Pilih Jenis Kertas untuk Binder Berdasarkan Jumlah dan Berat

Besarnya muatan kertas binder ditentukan berdasarkan banyaknya diameter ring. Kalau kamu membutuhkan binder untuk catatan kampus, sebaiknya pilih saja yang memiliki ring kecil. Walaupun jumlahnya sedikit, kamu bisa memasukkan binder ke dalam tas kuliahmu. 

Tapi, kalau kamu membutuhkannya  untuk buku harian di kamar, kamu bisa membeli binder dengan ring dan jumlah kertas besar.  Ini karena binder besar tidak dibawa ke mana-mana. 

Pilihlah Kertas Binder yang Tepat dan Nyaman

Banyak yang merasa terganggu dengan ring binder saat menulis catatan. Hayo! Apa kamu juga mengalaminya di kampus? Akibatnya, banyak yang menulis catatan dengan cara melepas kertas bindernya terlebih dahulu. Nggak heran kalau banyak catatan-catatan yang hilang karena enggan mengembalikan kertas binder ke ring semula. 

Carilah kertas binder dan ring yang tepat dan nyaman. Beberapa industri alat tulis sudah menyediakan binder desain terbaru yang praktis supaya kamu tidak terganggu dengan ringnya. 

Tips Memilih Jenis Kertas untuk Binder Berdasarkan Warna 

Kamu pasti tahu kalau kertas binder itu banyak sekali macamnya. Berdasarkan warnanya, kertas binder terdiri dari kertas putih, hijau, pink, biru bahkan ada pula yang diberi gambar tipis-tipis. Kalau kamu ingin menggunakan kertas binder untuk tugas kuliah, kamu bisa pilih kertas binder biasa yang berwarna putih. 

Namun, apabila kamu ingin membeli kertas binder  sebagai catatan pelajaran kampus, pilih saja kertas binder motif atau warna.  Pilihan ini ditentukan agar catatan bindermu semakin menarik dan semakin semangat untuk belajar. 

Memilih Kertas Binder yang Paling Terjangkau

Nah, informasi ini pasti sudah kamu tunggu-tunggu dari tadi kan? Supaya lebih efisien, pilih kertas binder yang memiliki harga paling terjangkau. Biasanya kamu bisa temukan di toko online atau store ATK yang ada di sekitar rumah. Agar tidak boros lagi, kamu bisa rencanakan berapa kebutuhan kertas bindermu selama satu bulan. 

Selagi kamu masih memiliki uang, kamu bisa menyediakan kertas binder untuk persiapan satu bulan terlebih dahulu. Biasanya membeli jumlah besar terlebih dahulu lebih hemat. 

Membuat Kertas Binder Sendiri Saat Kehabisan 

Membuat kertas binder sendiri ini merupakan solusi yang paling mendesak saat kebutuhan isi kertas bindermu habis. Bagaimana membuatnya? Caranya sangat gampang. Kamu hanya membutuhkan kertas-kertas hasil tugas kuliahmu yang sudah tak terpakai karena salah cetak print. Lalu lakukan cara sebagai berikut.

  • Pertama, gunting kertas bekas cetak print sesuai dengan ukuran kertas bindermu.
  • Selanjutnya, buat tanda titik di sepanjang tepi kiri kertas sesuai jumlah dan posisi ring binder.
  • Rangkap semua kertas bekas yang sudah dipotong sesuai ukuran.
  • Tahap selanjutnya adalah lubangi semua kertas secara rangkap dengan alat pelubang sesuai dengan tanda titik yang kamu berikan sebelumnya.
  • Pasang kertas binder bekas pada ring. 

Nah, setelah menyimak tips memilih jenis kertas untuk binder di atas, apa kamu sudah mantap pilih kertas binder yang mana?  (Widy Chandra)

BinderFungsi binder untuk apaJenis binderJenis kertas untuk binderTips memilih jenis kertas untuk binder

Leave a comment

All comments are moderated before being published