Tujuh Jawaban yang Bisa Meyakinkan HRD Perusahaan

Kalian semua pasti pernah mengikuti wawancara kerja. Hal terbesit yang ada dalam pikiran adalah jawaban untuk HRD. Wajar jika hal ini menjadi hal yang utama dipikirkan. Pasalnya, tidak semua orang bisa menjelaskan jawaban dengan tepat.

Oleh karena itu, kalian tak perlu cemas. Jawaban-jawaban ini bisa membantumu. Terlebih lagi, ketika HRD mengajukan beberapa pertanyaan tertentu. Ini tujuh jawaban yang bisa kamu jelaskan kepada HRD saat wawancara.

  • Konsentrasi pada Kualitas dan Keunggulan Perusahaan

Pertanyaan umum yang diajukan adalah Mengapa tertarik melamar di posisi perusahaan tersebut? Jangan sampai kalian menjawabnya dengan contoh jawaban: Karena saya butuh uang, karena memang perusahaan lagi membutuhkan karyawan apalagi jawabannya “Saya ingin coba-coba siapa tahu rezeki.” Big No! Kalau kalian mau auto dicoret HRD, ga masalah sih.

Jika ada yang menanyakan hal seperti itu, fokuslah pada kualitas perusahaan. Kalian bisa menjawabnya dengan seperti ini,” Karena perusahaan profesional membutuhkan manajemen administrasi yang profesional, saya bisa membantu perusahaan dengan kelebihan dan pendidikan yang saya miliki.

  • Jawaban yang Optimis dan Semangat Perlu Ditunjukkan

Manfaatkan pertanyaan HRD untuk memancing motivasimu. Hindari jawaban dengan bahasa tubuh yang lemas. Bahkan, beberapa karyawan juga menjawab dengan nada ragu. Perlu kalian tahu, HRD bisa saja mengira kalau kamu tidak serius.

Misalnya dari pertanyaan HRD tentang Apa yang kamu ketahui tentang posisi jawaban yang kamu lamar?” Jawablah dengan optimis tetapi tetap dalam batas wajar. Contohnya: Saya bisa membuat laporan pengajuan dengan format tertentu. Jadi, pekerjaan bisa lebih cepat dan benar.”

  • Hindari Mengulang Jawaban dan Menjelaskan Sesuatu yang Tidak Penting

Jika pekerjaan yang kamu lamar adalah administrasi, sedangkan pengalamanmu sebagai sopir. Pengalamanmu tak perlu dijelaskan kepada HRD. Jawablah dengan santai dan tidak terlihat gugup. Jika pengalamanmu memang tidak sesuai, jelaskan pengalaman yang berhubungan dengan jabatan yang dipilih, misalnya pengalaman administrasi dalam organisasi atau komunitas.

  • Jawaban tentang Cerita Singkat Dirimu

Saat memperkenalkan diri, usahakan bersikap tegas dan tidak grogi. Meskipun memang sulit, usahakan tetap tenang dan rileks. Deskripsikan kegiatanmu sehari-hari yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. Ucapkan salam terlebih dahulu sebelum bercerita dan akhiri dengan penutup yang berkesan.

  • Ceritakan Kelebihanmu Sesuai dengan Tugas Jabatan yang Dilamar

Kalian harus mencari tahu tugas jabatan yang kamu lamar sebelum wawancara. Saat HRD menanyakan tentang apa kelebihanmu, kamu bisa menjawabnya dengan benar. Misalnya saja HRD bertanya, “Kelebihan apa yang anda miliki?”

Kalian bisa menjawabnya dengan, ”Saya orang yang teliti dalam mengerjakan tugas administrasi karena beberapa pekerjaan saya koreksi kembali.” Jawaban seperti ini bisa menjadi pertimbangan bagi HRD. Tapi tetap saja, beri jawaban dengan rendah hati.

  • Beri Penjelasan tentang Kelemahanmu Secara Jujur, namun Berikan Solusi Juga

Sekarang apa yang kalian jawab jika HRD bertanya, ”Lalu, apa kelemahan yang ada pada dirimu?’

Jawablah dengan jujur, contohnya, “Terkadang saya masih bingung memakai program Excel. Tapi, saya yakin bisa kalau belajar dan praktik dengan sungguh-sungguh. “

  • Jawaban ketika HRD Bertanya, ”Anda Resign dari Perusahaan karena Apa?”

Jika HRD menanyakan tentang alasan resign. Kalian bisa menjelaskan dengan jujur. Tapi, jangan memberikan penilaian negatif dari perusahaan sebelumnya. Jika memang karena alasan lain, jelaskan saja seperti: menyelesaikan skripsi, operasi atau mencari pengalaman di luar kota.

Jawaban terbaik yang bisa kalian utarakan, seperti “Ada beberapa tugas yang tidak sesuai dengan kemampuan dan potensi saya. Tapi, saya menemukan posisi yang sangat sesuai di bidang perusahaan Anda.”

Masih bingung mau menjawab apa? Yuk, latihan mulai sekarang biar nggak grogi pas ketemu HRD!

HrdHrd perusahaanInterview kerja

Leave a comment

All comments are moderated before being published