Kupas Tuntas Tentang Habit Planner 2020

Habit planner 2020 tentu masih asing di telinga sebagian orang. Walau ini bukan sesuatu yang baru, namun belum semuanya tahu apa itu habit planner dan kegunaannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Habit Planner Adalah …       

Secara sederhana, jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, habit planner berarti pencatat kebiasaan. Dari maknanya dapat kita simpulkan bahwa ini semacam catatan khusus yang memuat aktivitas-aktivitas yang paling sering kita lakukan setiap hari, bulan, ataupun tahun.  Istilah lainnya dikenal dengan habit tracker.

Otak manusia memang diciptakan luar biasa. Daya tampungnya mampu mencapai satu petabyte atau sebanding dengan dengan 1 juta gigabyte. Sayangnya, kemampuan manusia cukup terbatas untuk mengingat semua yang terjadi dalam hidupnya. Maka dari itu, manusia membutuhkan sesuatu alat pengingat di luar sistem memori alamiah yang berada dalam otaknya. Alat tersebut bisa berupa catatan semacam habit planner.

Habit planner 2020 berbeda dengan daily planner yang lebih familiar di telinga masyarakat. Habit planner lebih menjurus pada catatan mengenai kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang mengandung nilai positif. Selaku penggagas bullet journal yang banyak digunakan masyarakat dalam membuat  daily planner, Ryder Carrol menyampaikan bahwa habit planer/habit tracker efektif membuat diri kita berkomitmen untuk menerapkan suatu kegiatan positif secara berulang-ulang hingga menjadi suatu kebiasaan baik (habbit).

 

Manfaat Menggunakan Habbit Planner

Habbit planner dapat digunakan oleh siapa saja tanpa batasan usia, gender, dan profesi. Bahkan, catatan pengingat ini juga dianjurkan untuk anak-anak sehingga mereka bisa belajar konsisten melakukan hal-hal baik.

Ada beberapa manfaat habbit planner yang sangat sayang dilewatkan, antara lain:

  1. Melestarikan Kebiasaan Baik

Sifat manusia cenderung berubah-ubah. Bila kurang pengendalian diri, maka sesuatu yang buruk akan terus dilakukan hingga menjadi sebuah kebiasaan. Tentunya kita tidak berharap hal tersebut terjadi. Di sinilah peran habit planner tersebut. Habit planner membantu kita mengingat kebiasaan-kebiasaan positif apa saja yang harus dilakukan setiap hari. Dengan adanya pengulangan-pengulangan, secara otomatis kita menjadi terbiasa dan sulit meninggalkannya. Contoh:

  • Menggunakan sun screen untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.
  • Minum air putih minimal 2 liter setiap hari.
  • Tidur tidak boleh lewat dari pukul 11 malam dan bangun pada pukul 5 pagi.
  • Berhenti makan sebelum pukul 7 malam.
  1. Self Remainder

            Habit planer juga bermanfaat sebagai pengingat diri dari apa yang mungkin saja bisa terlupakan. Untuk mereka yang baru saja mengubah gaya hidup menjadi lebih baik, habit planner ini akan sangat sering diandalkan. Apalagi jika aktivitas sehari-hari sangat padat, bisa jadi banyak aktivitas yang tanpa sengaja terabaikan. Contoh:

  • Menyisihkan 5.000 ribu rupiah untuk disedekahkan.
  • Mengonsumsi vitamin C hari ini?
  • Cek persediaan makanan kucing.
  • Mengeluarkan tisu bekas dan uang dari saku pakaian sebelum dicuci.
  1. Mewujudkan Resolusi Dan Mencapai Target

            Dengan mengandalkan habit planner dalam keseharian maka secara tidak langsung dapat membantu kita mewujudkan rencana-rencana yang telah disusun jauh sebelumnya. Kebanyakan orang gagal mencapai target akibat ketidakteraturan dalam hidupnya. Contoh target yang ingin dicapai tahun 2020:

  • Turun berat badan sebanyak 10 kilo. Maka 5x dalam seminggu harus aerobik atau zumba.
  • Menerbitkan 2 buah novel. Maka setiap hari harus menulis minimal 10 halaman.
  1. Meningkatkan Kemampuan Diri

Melakukan suatu hal secara berulang-ulang lambat laun membuat kita menjadi expert pada hal tersebut. dengan kata lain, kemampuan kita terasah semakin baik. Misal, setiap hari kita rutin jogging sejauh 2 kilometer. Lama kelamaan tubuh terbiasa dan mampu berlari lebih jauh lagi.

Seperti itulah gambaran mengenai habbit planner 2020 dengan kegunaan dan segala manfaatnya. Semoga dapat diaplikasikan dalam kehidupan kita semua.